BPS: Rata-Rata Upah Buruh Indonesia Rp 2,91 Juta, Terendah di NTT

36 views

Upah Buruh - Gaji Pekerja

Reaktor.co.id, Jakarta — Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat rata-rata upah buruh/pekerja di Indonesia pada Agustus 2019 sebesar Rp 2,91 juta per bulan. Rata-rata upah buruh laki-laki masih lebih besar dari pada perempuan.

Kepala BPS Suhariyanto mengemukakan, rata-rata upah buruh laki-laki sebesar Rp 3,17 juta per bulan dan upah buruh perempuan hanya Rp 2,45 juta per bulan.

Diantara 17 kategori lapangan pekerjaan, rata-rata upah buruh tertinggi ada di kategori pertambangan dan penggalian sebesar Rp 4,77 juta per bulan. Upah terendah pada kategori jasa lainnya yang hanya Rp 1,77 juta per bulan.

“Gaji paling tinggi ada di pertambangan dan penggalian, disusul informasi dan komunikasi dan jasa keuangan dan asuransi,” ujarnya dalam keterangannya di Gedung BPS, Jakarta, Selasa (5/11/2019).

Rata-rata upah buruh tertinggi masih berada di Pulau Jawa, yakni DKI Jakarta sebesar Rp 4,46 juta per bulan, diikuti Kepulauan Riau Rp 4,27 juta per bulan dan Papua Rp 4 juta per bulan.

Rata-rata gaji terendah berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yakni sebesar Rp 2,11 juta per bulan, diikuti Sulawesi Barat Rp 2,16 juta per bulan dan Jawa Tengah Rp 2,19 juta per bulan.

Dari tingkat pendidikan, rata-rata gaji harian laki-laki masih lebih tinggi dari perempuan. Rata-rata upah laki-laki Rp 3,16 juta per bulan dan perempuan Rp 2,45 juta per bulan. (cnn/ant)

 

Upah Buruh

Related Post

Leave a reply