BPJS TK Batam-Nagoya Ngopi Bareng Pengurus FSP LEM SPSI Kota Batam

89 views

BPJS LEM SPSI Batam

Reaktor.co.id, Batam — Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Batam-Nagoya dan Pengurus FSP LEM SPSI Kota Batam menggelar acara “ngopi bareng” di Hotel M1 Harbour Bay Batam, Kamis (29/8/19).

Acara ini dihadiri oleh PUK dan DPC FSP LEM SPSI Kota Batam. Wakil Ketua DPP LEM SPSI Saiful B. Sofyan mewakili SP LEM SPSI menyampaikan, acara kopi sore ini kalau bisa berkelanjutan, sehingga bisa meminimalisir permasalahan di lapangan.

“Regulasi yang ada belum bisa menjawab semua persoalan di lapangan, tapi setidaknya dengan adanya saling sinergi antara BPJS dan SP/SB bisa memaksimalkan penerapan peraturan perundang-undangan tentang BPJS,” katanya.

BPJS Ketenagakerjaan Batam-Nagoya menggandeng serikat pekerja sebagai upaya untuk meningkatkan pertumbuhan peserta.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Batam-Nagoya, Surya Rizal,  berharap serikat pekerja dan serikat buruh serta pihak-pihak terkait lainnya dapat mengawal program BPJS Ketenagakerjaan sehingga sampai kepada seluruh masyarakat pekerja Kota Batam.

“Bagian dari upaya terus menerus membangun, menjaga, dan merawat hubungan sinergitas BPJS Ketenagakerjaan dengan Serikat Pekerja/Buruh Se-Kota Batam, karena lahir dari platform yang sama, yakni memastikan seluruh pekerja sejahtera,” kata Surya.

Surya menerangkan, hingga saat ini masih banyak perusahaan yang belum mendaftarkan karyawannya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, bahkan masih ada perusahaan yang tidak melaporkan dengan benar jumlah karyawan yang didaftarkan sebagai peserta, maupun tidak melaporkan besaran upah yang diberikan kepada karyawan secara benar.

“Padahal ada empat program yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP) yang merupakan hak seluruh pekerja di Indonesia,” katanya.

BPJS Ketenagakerjaan merupakan Badan Hukum Publik sesuai Undang Undang Nomor 24 Tahun 2011 menyelenggarakan empat program, yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP) yang merupakan hak seluruh pekerja di Indonesia.

Untuk itu, lanjutnya, BPJS Ketenagakerjaan perlu bersinergi dengan serikat pekerja atau serikat buruh untuk meningkatkan engagement terhadap pentingnya kepesertaan dalam program jaminan sosial.

“Semua gembira diskusi dibalut suasana santai dengan segelas kopi sambil menikmati keindahan Kota Batam dari ketinggian,” kelakar Surya di akhir acara. (hasansrg).*

 

Batam BPJS FSP LEM SPSI Batam Serikat pekerja

Related Post

Leave a reply