BNP2TKI Berubah Nama Menjadi Badan Perlindungan Pekerja Migran

70 views

BNP2TKI

Reaktor.co.id, Jakarta — Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) akan berganti nama menjadi Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI).

Perubahan nama BNP2TKI menjadi BP2MI itu disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Kepala BNP2TKI, Tatang Budie Utama Razak, saat Rapat Kerja bersama Komisi IX DPR RI, Senin (4/11/2019).

Tatang mengatakan, pengubahan nama itu disesuaikan dengan adanya Undang-undang Nomor 18 Tahun 2017 tentang Pekerja Migran Indonesia (PMI).

“Undang-undang itu mengatur pengubahan nama dari Tenaga Kerja Indonesia (TKI) menjadi Pekerja Migran Indonesia (PMI). Jadi pengubahan nama badan ini agar sejalan dengan undang-undang tersebut,” kata Tatang.

Dikemukakan, merujuk pada Undang-undang Nomor 18 Tahun 2017 itu, dalam BP2MI akan ada hal baru yang diatur, seperti area pekerja migran Indonesia (PMI), juga merujuk pada mereka yang bekerja di laut, seperti anak buah kapal (ABK).

Selain itu, instansi yang terlibat dalam penempatan dan perlindungan PMI tidak hanya pemerintah pusat dan swasta, tetapi juga pemerintah daerah.

“Kemudian cakupan layanannya tidak hanya dengan calon PMI dan PMI saja tetapi juga sampai keluarganya,” kata Tatang dilansir Antara.

Ditambahkannya, BP2MI nanti akan lebih banyak menempatkan PMI terampil dan profesional. BP2MI juga akan berupaya menurunkan jumlah PMI yang memiliki kategori tingkat rendah, seperti asisten rumah tangga dan berisiko tinggi.

Tugas BNP2TKI

Dilansir laman resminya, BNP2TKI adalah Lembaga Pemerintah Non-Departemen yang mempunyai fungsi pelaksanaan kebijakan di bidang penempatan dan perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di luar negeri.

Lembaga ini dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2006. Sekarang BNP2TKI diketuai oleh Nusron Wahid yang dilantik pada 27 November 2014.

Tugas pokok BNP2TKI adalah:

  1. Melakukan penempatan atas dasar perjanjian secara tertulis antara Pemerintah dengan Pemerintah negara Pengguna TKI atau Pengguna berbadan hukum di negara tujuan penempatan;
  2. Memberikan pelayanan, mengkoordinasikan, dan melakukan pengawasan mengenai: dokumen; pembekalan akhir pemberangkatan (PAP); penyelesaian masalah; sumber-sumber pembiayaan; pemberangkatan sampai pemulangan; peningkatan kualitas calon TKI; informasi; kualitas pelaksana penempatan TKI; dan peningkatan kesejahteraan TKI dan keluarganya.
  3. Keanggotaan BNP2TKI terdiri dari wakil-wakil instansi Pemerintah terkait. Dalam melaksanakan tugasnya, BNP2TKI dapat melibatkan tenaga-tenaga profesional. (R1)

 

 

BNP2TKI BP2MI Pekerja Migran TKI

Related Post

  1. author

    […] Jakarta — Selain mengubah nama BNP2TKI menjadi BP2M, istilah bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang bekerja di luar negeri pun resmi berubah dari […]

Leave a reply