BMKG Ingatkan Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan

176 views

Bencana Hidrometeorologi

Reaktor.co.id, Jakarta — Pergantian tahun 2019 ke 2020 diwarnai bencana banjir di Jakarta dan sekitarnya akibat cuaca hujan. Hujan dan banjir juga di wilayah Indonesia lainnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan, sebagian besar wilayah Indonesia bakal menghadapi cuaca ekstrem dan hujan lebat disertai petir dan angin kencang dalam sepekan ke depan.

“Cuaca ekstrem dan hujan lebat selama 1 sampai 4 Januari 2020 berpotensi turun di Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta,” kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG R Mulyono Rahadi Prabowo dalam keterangan tertulisnya, Rabu (1/1/2020).

Selama periode itu, cuaca ekstrem dan hujan lebat juga berpeluang meliputi wilayah Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara Maluku dan Papua.

Dari 5 sampai 7 Januari 2020, cuaca ekstrem dan hujan lebat diperkirakan meliputi wilayah Bengkulu, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Mulyono mengatakan, kondisi itu dipicu oleh adanya fenomena atmosfer skala regional hingga lokal, termasuk aktifnya Monsun Asia.

Hal tersebut menyebabkan terjadinya peningkatan pasokan massa udara basah di wilayah Indonesia, terbentuknya pola konvergensi dan terjadinya perlambatan kecepatan angin di beberapa wilayah.

BMKG mengimbau warga berhati-hati dan waspada.

“Waspadai kemungkinan terjadi banjir, tanah longsor, dan angin kencang selama cuaca ekstrem dan hujan lebat,” kata Mulyono.

Banjir Awal Tahun 2020

Hujan deras yang turun sejak Selasa, 31 Desember 2019 menimbulkan banjir di beberapa wilayah Indonesia di hari pertama tahun 2020.

Banjir melanda sebagian wilayah DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, Labuhan Batu di Sumatera Utara, Lahat di Sumatera Selatan, Bandung Barat di Jawa Barat sampai Jalan Tol Cipali Km 136 Indramayu di Jawa Barat.

Sejumlah wilayah tersebut dilaporkan terendam banjir akibat hujan deras yang turun seharian penuh, sejak Selasa (31/1/2019) malam hingga Rabu pagi (1/1/2020).

Kabar banjir ini tersiar luas, di Twitter sampai menempati posisi teratas trending topic Indonesia. Netizen mengabarkan kondisi di lingkungan mereka yang tergenang banjir. Tagar #Banjir trending di Twitter.

Banjir juga menggenangi ruas jalan di Ibu Kota sehingga tidak dapat dilintasi dengan aman. Pihak kepolisian melalui TMC Polda Metro Jaya terus mengabarkan lokasi banjir terbaru agar masyarakat yang hendak melintasi daerah tergenang bisa memilih jalur lain.

Ruas tol Jakarta-Cikampek tak luput dari genangan air di KM 25. Kendaraan arah Cikampek diarahkan keluar ke Cibitung.

Akun TMC Polda Metro Jaya juga mengunggah suasana banjir di wilayah Cipinang Elok, Jakarta Timur, dengan ketinggian mencapai dada orang dewasa. Di Pondok Kelapa banjir setinggi pinggang orang dewasa merendam pemukiman di Jalan Lembah Aren VII.

Netizen lain mengeluhkan banjir di tengah ruas tol Cikarang-Tambun yang membuat air merembes masuk sampai ke dalam mobil. (Tempo/CNBC)

 

Banjir bmkg Cuaca Tahun Baru

Related Post

Leave a reply