Berserikat untuk Bersatu Kukuhkan Tujuan dalam Kesejahteraan Bersama

90 views

Ketika berbicara tentang perjuangan pekerja ataupun serikat pekerja, pasti tujuannya adalah tentang  kesejahteraan.

Cobalah amati tentang kehidupan mereka yang benar-benar serius dan fokus memperjuangkan nasib pekerja. Bagaimana kondisi kehidupannya? Sesejahtera apa hidupnya?

Sebenarnya, jika mau jujur dan melihat realitas yang ada, mereka yang fokus dan serius memperjuangkan nasib pekerja kondisi kehidupan justru tidak lebih baik dari yang diperjuangkan. Sebenarnya mereka habis.

Bagaimana mau sejahtera, mereka yang fokus dan berjuang tentang nasib pekerja kadang kala justru pendapat perlakuan yang bisa melemahkan, seringkali mereka dipersalahkan, dibully, dan lainnya, manakala mereka tidak mampu membuat seperti yang diinginkan (sisi psikologi dihajar kawan sendiri ), padahal mungkin banyak waktunya, pikirannya, atau mungkin juga materi yang ia miliki di pergunakan penuh demi perubahan nasib sesamanya.

Alih-alih semakin sejahtera,yang ada adalah dirinya akan semakin habis, namun meskipun demikian, sebenarnya kondisi mereka semakin habis, kadang kala ada satu hal yang membuat mereka terus bertahan untuk fokus dan serius dalam pergerakan, yaitu kebahagiaan yang dirasa di kala apa yang dilakukan membawa manfaat dan perubahan dalam kehidupan kawan-kawannya, meski ia sadar bahwa sesungguhnya ia sebenarnya perlahan sedang habis.

Berserikat adalah tentang bagaimana untuk menolong bersama, bukan tentang pemenuhan hasrat dan ego semata. Sejahteralah kaum pekerja bersama keluarga!

Heru Hendropramono

Berserikat

Related Post

Leave a reply