Benarkah Narkoba Bisa Meningkatkan Stamina?

53 views

say no to narkoba

Reaktor.co.id — Komedian Tri Retno Prayudati alias Nunung ditangkap terkait penggunaan dan kepemilikan narkoba jenis sabu. Diberitakan berbagai media, Nunung ditangkap bersama dengan suaminya di kediamannya di kawasan Tebet, Jumat (19/7/2019).

Dalam pemeriksaan terungkap, Nunung menggunakan sabu dengan tujuan meningkatkan stamina dalam bekerja. Alasan Nunung –menggunakan narkoba untuk meningkatkan stamina– juga sering dikemukakan kalangan artis pengguna narkoba lainnya yang tertangkap.

Menrut Deputi Bidang Pemberantasan Badan Narkotika Nasional ( BNN), Irjen Arman Depari, alasan mengonsumsi narkotika untuk meningkatkan stamina hanya untuk mencari “kambing hitam”.

Arman menegaskan, narkoba bukan solusi untuk meningkatkan stamina seseorang.

“Saya kira kalau berbicara itu untuk stamina atau untuk kesegaran atau kekuatan saya kira itu hanya alasan saja. Kalau alasannya seperti itu saya kira itu hanya mencari-mencari kambing hitam, bukan kambing domba,” kata Arman di Kantor BNN, Cawang, Jakarta Timur, Selasa (23/7/2019), dilansir Kompas.

Dia menjelaskan, untuk meningkatkan stamina saat ini banyak suplemen atau obat tradisional yang bisa dikonsumsi, bukan dengan mengonsumsi narkoba.

“Karena di zaman sekarang ini banyak suplemen-suplemen yang menggantikan seperti yang dimaksudkan, kalau produk lokal tradisional ada jamu bukan harus dengan narkoba,” ujar Arman.

Dilansir laman KlikDokter, dr. Reza Fahlevi menjelaskan, secara umum, untuk menambah stamina, biasanya orang banyak menggunakan narkoba jenis stimulan. Beberapa jenis narkoba yang tergolong dalam jenis stimulan adalah kokain, sabu-sabu, dan ekstasi.

Dokter Reza mengingatkan, efek narkoba jenis itu sebenarnya hanya bersifat sementara. Setelah efeknya habis, tubuh justru akan merasa sangat kelelahan karena kurang istirahat.

Bahkan, narkoba jenis stimulan pun bisa merangsang jantung berdetak lebih cepat dan kuat. Lama-kelamaan, jantung akan lebih cepat lelah sehingga bisa menimbulkan kerusakan.

Banyak cara aman untuk meningkatkan stamina secara alami, seperti mengonsumsi makanan bergizi, minum air yag cukup, dan sebagainya. Say no to narkoba! *

 

Narkoba Narkotika

Related Post

Leave a reply