Beda Sikap dengan Aliansi BEM SI, BEM Unair Nyatakan Siap Bertemu Jokowi

111 views

BEM Unair

Reaktor.co.id, Jakarta — Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Airlangga (BEM Unair) Surabaya tiba-tiba trending topic di media sosia Twitter, Sabtu (28/9/2019) pagi.

Pemicunya adalah siaran pers BEM Unair, Jumat (27/9/2019) malam, yang menyesalkan penolakan Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia BEM SI terhadap undangan pertemuan dengan Presiden Jokowi jika dilakukan tertutup.

BEM SI mengajukan syarat dialog dilakukan terbuka dan disiarkan langsung oleh stasiun televisi.

BEM Unair menyesalkan sikap BEM SI tersebut. Mereka menilai, undangan dialog tersebut merupakan kesempatan untuk menyampaikan aspirasi secara langsung dan dinilai dapat mempercepat tuntutan mahasiswa.

“Kami menyesalkan sikap kawan-kawan BEM SI tersebut. Karena semestinya bertemu dengan Presiden Jokowi bisa membuat kawan-kawan mahasiswa langsung menyampaikan aspirasi secara terperinci, tanpa sekat dan tanpa pihak perantara,” kata Ketua BEM Unair, Agung Tri Putra, dalam rilisnya, Jumat (27/9/2019).

Menurut Agung, pada dasarnya tuntutan seluruh mahasiswa yang telah turun ke jalan hampir sama semua, yakni menuntut pembatalan sejumlah rancangan undang-undang yang dinilai penuh dengan poin-poin kontroversial. Untuk itu, ia merasa heran dengan penolakan itu.

“Gol kawan-kawan mahasiswa se-Indonesia ini sebenarnya kan sudah jelas, mulai soal pembatalah RKUHP, pengesahan RUU PKS, tuntutan dikeluarkannya Perppu KPK, penanganan kebakaran hutan, penyelesaian permasalahan di Papua, dan beberapa hal lainnya yang sudah kita suarakan bersama. Terus kalau tidak mau bertemu Jokowi, bagaimana maksudnya? Baru setelah tidak ada hasil seusai dialog dengan Presiden, kita turun lagi dan rapatkan barisan,” terang Agung.

“Kasihan kami di daerah, kawan-kawan di daerah yang sudah berjuang, eh kawan-kawan BEM SI malah bermanuver tidak mau menyampaikan tuntutan langsung ke Jokowi,” tambah Agung.

Dikatakan Agung, jika memang BEM SI bersikap menolak pertemuan dialog dengan Jokowi, maka sebaliknya, pihaknya mengaku siap berdialog dengan siapa saja, tak terkecuali dengan presiden.

Menurutnya, selain menyampaikan aspirasi di jalanan, dialog juga merupakan tradisi intelektual yang melekat pada mahasiswa.

“BEM Unair siap berdialog dengan siapapun termasuk presiden, karena dialog adalah ciri insan kampus untuk instrumen kita berdialektika dengan segera mengutarakan tuntutan,” tutur mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional (HI) Fisip Unair itu.

Agung menambahkan, pihaknya juga akan mengajukan dua syarat. Pertama, presiden mau terbuka mendengarkan agenda aksi yang telah diperjuangkan mahasiswa selama ini. Kedua, menjamin ada solusi dari tuntutan para mahasiswa.

“Syarat dialog cuma dua, yaitu BEM Unair minta presiden terbuka mendengarkan masukan agenda aksi mahasiswa dan bisa segera ditemukan jalan keluar,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Aliansi BEM SI merespons keinginan Presiden Jokowi bertemu dengan para mahasiswa. BEM SI menolak jika pertemuan dilakukan tertutup.

BEM SI siap berdialog dengan syarat pertemuan dilaksanakan secara terbuka dan disiarkan langsung oleh stasiun televisi.

Di media sosial Twitter, BEM Unair menjadi trending topic. Pro-kontra pun muncul tentang sikap BEM Unair yang berbeda dengan Aliansi BEM SI.

Tuduhan cari perhatian, cari muka, cari panggung, dan “pahlawan kesiangan” pun muncul dari warganet, namun ada juga yang mendukung sikap BEM Unair.

Berikut ini kutipan beberapa komentar netizen di Twitter:

@nunu1083: GAK NOLAK CUK!, cuman ada syaratnya harus ditayangkan TV nasional biar rakyat Indonesia tau, kalau gak tar BEMnya dinego sama presidennya gmana? “Gak usah demo tak sangoni, wis pulango sana”, bahaya pak! BEM juga manusia, mungkin BEM Unair bisa dinego.

@Awan_Masa_Depan: Politik pecah belah sedang berlangsung shame on you BEM UNAIR

@ris_haswa: Genderuwo dah berhasil mecah BEM SI & BEM Unair.. gak heran sih. Krn Jatim basisnya nganu. Mayoritas pendukung pak nganu. Gak usah muna.

@rikyrifal: BEM UNAIR ga gitu jugalah kalo cari muka, jngn jd pahlawan kesiangan woyyy

@anggisukmadi_: Mungkin BEM Unair ingin cari panggung jg

@omarblueser: Nah lho….diajakan transparan susah amat BEM Unair ini…pengen ngopi bareng presiden ya??

@niamsudrun75: Saya nggak tau BEM UNAIR paham atau nggak sama konteks penolakan BEM SI. Korban yg sudah jatuh, penangkapan aktivis malam itu, dan pertemuan tertutup yang bakal mengundang kecurigaan publik. BEM SI berusaha transparan, agr publik menyaksikan dialog scr jelas.

@edhochacaPrmn: Jaman dulu kyaknya kalo mau ketemu presiden pasti sulit, ini udah diundang kok malah ga mau. Mantap nih BEM Unair, dgn bertemu, maka ruang dialog dpt terbuka sehingga solusi terbaik bisa didapatkan. Baru nanti setelah ketemu apabila tuntutan dirasa blm sesuai rapatkan barisan lg. (RL).*

 

Aksi Demonstasi BEM SI BEM Unair Demo Mahasiswa Dialog Mahasiswa-Presiden

Related Post

Leave a reply