Bappenas Klaim Sertifikasi Kompetensi Pekerja Kunci Pengurangan Kemiskinan

116 views

Sertifikasi Kompetensi Pekerja

Reaktor.co.id, Jakarta — Badan Perencanaan Pembangunan Nasional  (Bappenas) mengklaim Sertifikasi Kompetensi Pekerja merupakan kunci pengurangan kemiskinan. Dengan adanya sertifikasi ini, maka tidak akan ada upah sembarangan.

Menurut Kepala Bappenas/Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro, setidaknya melalui sertifikasi ini dapat membantu para pekerja dan pemberi kerja pada masa mendatang. Menurutnya, sertifikasi kompetensi dapat menurunkan angka kemiskinan di Indonesia.

“Kita dorong sertifikasi kompetensi. Misal orang yang punya sertifikat ledeng atau plumber, orang yang kerjanya betulin kunci, sampai pekerja bangunan seharusnya punya sertifikat kompetensi,” ujarnya dalam acara “SDM Unggul, Indonesia Maju” di Kantor Bappenas, Jakarta, Rabu (14/8/2019).

Diungkapkannya, sertifikat kompetensi dapat membantu pemberi kerja menentukan upah pekerja. Begitu pun pekerja, akan memiliki standardisasi upah dengan adanya sertifikat kompetensi.

“Kalau mereka punya sertifikat kompetensi, maka yang bersangkutan lebih mudah untuk direkrut. Saya bisa jadi plumber atau construction worker tapi punya sertifikat,” ucapnya dilansir laman resmi Bappenas.

Keuntungan Sertifikasi Pekerja

Mengutip laman resmi LSP-TO Indonesia, pelaksanaan sertifikasi tenaga kerja di berbagai sektor industri semakin meningkat, setelah terbitnya UU Ketenagakerjaan dan keluarnya PP No. 23/2004 tentang Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan PP 31/2006 tentang Sistem Pelatihan Kerja Nasional.

Sertifikasi kompetensi kerja adalah pengakuan terhadap tenaga kerja yang mempunyai pengetahuan, ketrampilan, dan sikap kerja sesuai dengan standar kompetensi kerja yang telah dipersyaratkan.

Sertifikasi kompetensi memastikan tenaga kerja (pemegang setifikat) kredibilitasnya terjamin dalam melakukan suatu pekerjaan.

Sertifikasi kompetensi akan mempengaruhi dan memberikan jaminan, baik terhadap pemegangnya ataupun pihak lain.

Keuntungan sertifikasi bagi pencari kerja antara lain kredibilitas dan kepercayaan dirinya meningkat, mempunyai bukti bahwa kompetensin yang dimiliki telah diakui, bertambahnya niali jual dalam rekrutmen tenaga kerja, dan kesempatan berkarier yang lebih besar.

Bagi karyawan di tempat kerja yang telah bersertifikat, jenjang karier dan promosi akan lebih baik, meningkatkan akses untuk berkembang dalam profesinya, dan pengakuan terhadap kompetensi yang dimiliki.

Sertifikasi Kompetensi Pekerja juga memberikan keuntungan bagi perusahaan atau tempat kerja, antara lain produktivitas meningkat, mengurangi kesalahan kerja, komitmen terhadap kualitas, serta mempunyai karyawan yang berdaya saing, terampil, dan termotivasi.*

 

Ketenagakerjaan Kompetensi Pekerja Sertifikasi

Related Post

Leave a reply