Bandung Sangat Dingin, Suhu Mencapai 15 Derajat Celcius

91 views

Bandung Dingin

Reaktor.co.id, Bandung — Suhu udara di Kota Bandung dan sekitarnya sangat dingin dalam beberapa pekan terakhir.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kelas 1 Bandung menyebutkan, suhu terendah Bandung Raya pada Senin (15/7/2019) mencapai 15,2 derajat Celsius dan pada Selasa (16/7/2019) berkisar antara 16,8-29,6 derajat Celsius.

BMKG menjelaskan, suhu dingin yang terasa di wilayah Bandung Raya merupakan hal biasa sebagai penanda datangnya periode musim kemarau.

“Suhu yang dingin dalam beberapa hari terakhir di Bandung Raya maupun secara umum di Jawa Barat merupakan fenomena yang biasa atau wajar yang menandakan datangnya periode musim kemarau,” ujar Kepala Stasiun Geofisika Bandung, Tony Agus Wijaya.

Tony menuturkan, di Jawa Barat, periode musim kemarau datang pada bulan Juni dengan terlebih dahulu masuk di wilayah sekitar Pantura, kemudian bergerak ke arah selatan.

Ketika musim kemarau, angin bertiup yang melewati Jawa Barat itu angin pasat tenggara atau angin timuran dari arah Benua Australia. Pada Juli, Agustus, dan September di Australia sedang mengalami puncak musim dingin sehingga suhunya relatif lebih dingin dibandingkam musim hujan.

 

“Puncak musim kemarau terjadi pada bulan Agustus–September dengan karakteristik suhu udara dingin dan kering,” tutur Tony dikutip Sindonews. (R1/BMKG Bandung).*

 

Bandung

Related Post

Leave a reply