Bandung Kota Termacet di Indonesia Versi ADB

372 views

Kota Bandung Macet

Reaktor.co.id, Bandung — Kota Bandung merupkan kota paling macet di Indonesia versi Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB).

Kamacetan di Kota Bandung lebih parah dari Jakarta, Surabaya, dan kota-kota besar lain di Indonesia.

Dalam rilis terbaru ADB, September 2019, Kota Bandung berada di peringkat ke-14 sebagai kota termacet di kawasan Asia.

Dalam Update of the Asian Development Outlook edisi September 2019, Kota Bandung berada di posisi ke-14 dari 24 kota sampel dengan populasi lebih dari 5 juta penduduk.

Jakarta yang berada di posisi ke-17 dan Surabaya ke-20.

Menurut Pengamat Transportasi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Soni S Wibowo, penurunan rangking yang dialami oleh Jakarta karena Pemerintah DKI konsisten membangun sistem angkutan umum.

Padahal, Kota Bandung telah menjadi perhatian para pakar transportasi dunia untuk dijadikan sebagai prototipe penanganan sistem transportasi massal.

“Sayangnya, semua masukan dari pakar tersebut seolah hanya menjadi teori saja. Karena ternyata garda terdepan (Pemerintah Kota Bandung) untuk eksekusi usulan tersebut malah kurang bersinergi. Ini sangat disayangkan,” kata Soni dalam wawancara on air di Radio PRFM Bandung, Rabu (2/10/2019).

Menurut Soni, rencana Pemerintah Kota Bandung untuk mendorong warganya menggunakan transportasi umum pun hanya sebatas wacana. Sejumlah program terkait mengubah kebiasaan warga agar menggunakan transportasi umum tak pernah benar-benar diksekusi.

“Kalau pun ada, hanya sebatas FGD dan seremonial saja. Makanya tidak heran makin lama masyarakat Bandung makin tidak peduli dengan kotanya. Ini terlihat pelanggaran lalin dan kemcetan di kota Bandung cenderung meningkat,” jelasnya.

Berikut ini Daftar 24 Kota Termacet di Asia versi ADB

1. Manila
2. Kuala Lumpur
3. Yangon
4. Dhaka
5. Bengaluru
6. Hanoi
7. Kolkata
8. Delhi
9. Pune
10. Ho Chi Minh
11. Jaipur
12. Bangkok
13. Hyderabad
14. Bandung
15. Mumbai
16. Chennai
17. Jakarta
18. Singapura
19. Karachi
20. Surabaya
21. Hongkong, China
22. Ahmedabad
23. Lahore
24. Taipei, China

(rml/dtc)

 

Bandung Macet

Related Post

Leave a reply