Awali Kerja dengan Basmalah, Biar Berkah!

89 views

basmalah

Reaktor.co.idPekerja Muslim sangat dianjurkan mengawali pekerjaan dengan mengucapkan basmalah atau tasmiyah. Ucapan basmalah/tasmiyah yaitu “bismillahir rohmanir rohim” (بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم) yang artinya dengan nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

Pekerjaan yang diawali basmalah akan berkah, sebagaimana hadits Nabi Muhammad Saw. Dari Abu Hurairah, Rasulullah Saw bersabda,

كُلُّ أَمْرٍ ذِيْ بَالٍ لاَ يُبْدَأُ فِيْهِ بِـ : بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ فَهُوَ أَبْتَرُ

Setiap perkara penting yang tidak dimulai dengan ‘bismillahirrahmanir rahiim’, amalan tersebut terputus berkahnya.” (HR. Al-Khatib dalam Al-Jami’, dari jalur Ar-Rahawai dalam Al-Arba’in, As-Subki dalam tabaqathnya).

Mayoritas ulama menganjurkan membaca “bismillah” untuk perkara yang penting sebagaimana dikutip Rumaisyo dari Fatwa Al-Islam Sual wa Jawab, no. 146079).

Memulai bekerja dengan basmalah juga meneguhkan keyakinan bekerja itu ibadah. Dalam basmalah terkandung doa agar Allah SWT meridhoi dan melancarkan pekerjaan yang dilakukan.

Saat berangkat kerja, ketika keluar dari rumah dan memulai perjalanan menuju tempat kerja, juga dianjurkan mengucapkan basmalah, yaitu dalam doa “bismillahi tawakkaltu ‘alallah” (بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ). Doa ini artinya “dengan nama Allah aku berserah diri kepada Allah” agar kita dilancarkan dan diselamatkan dalam perjalanan hingga kembali ke rumah.

Rasulullah Saw bersabda:

حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ الْأُمَوِيُّ حَدَّثَنَا أَبِي حَدَّثَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ عَنْ إِسْحَقَ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي طَلْحَةَ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ قَالَ يَعْنِي إِذَا خَرَجَ مِنْ بَيْتِهِ بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ يُقَالُ لَهُ كُفِيتَ وَوُقِيتَ وَتَنَحَّى عَنْهُ الشَّيْطَانُ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ غَرِيبٌ لَا نَعْرِفُهُ إِلَّا مِنْ هَذَا الْوَجْهِ

“Barang siapa yang ketika keluar dari rumahnya mengucapkan; BISMILLAAH, LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH (dengan nama Allah, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan dengan pertolongan Allah) maka dikatakan baginya, engkau telah mendapatkan kecukupan, telah mendapat pertolongan dan syetan menjauh darimu.” Abu Isa berkata; hadits ini adalah hadits hasan shahih gharib, kami tidak mengetahuinya kecuali dari sisi ini. (HR. Tirmidzi :3348).

Maka, biasakan bada doa saat pergi ke tempat kerja dengan “bismillahi tawkkaltu ‘alallah” dan awali kerja dengan basmalah “bismillahir rohmanir rohim” agar selamat, sukses, dan berkah. Amin!

 

Basmalah Bismillah Hikmah

Related Post

Leave a reply