Astronom BRIN: Awal Ramadhan 1443 H versi Pemerintah Minggu 3 April 2022

49 views

awal ramadhan

Reaktor.co.id — Pakar Riset Astronomi dan Astrofisika, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Thomas Djamaluddin memprediksi pemerintah kemungkinan menetapkan awal Ramadhan 1443 Hijriah jatuh pada hari Minggu, 3 April 2022, didasarkan pada metode rukyat atau pengamatan hilal.

Dengan demikian, pelaksanaan awal puasa Ramadan tahun ini diperkirakan tidak berjalan serentak. Pasalnya, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah lebih dulu menetapkan bahwa awal Ramadan 1443 Hijriah jatuh pada Sabtu, 2 April 2022.

“Muhammadiyah akan mulai puasa pada hari Sabtu 2 April 2022,” ujar Ketua PP Muhammadiyan, Dadang Kahmad.

Dengan awal puasa Ramadan 1443 H yang jatuh pada Sabtu, 2 April 2022, maka warga Muhammadiyah akan melaksanakan salat tarawih perdana pada Jumat malam, 1 April 2022.

Muhammadiyah juga sudah menetapkan Idulfitri atau 1 Syawal H jatuh pada Senin, 2 Mei 2022 M.

Penetapan awal Ramadhan dan Idulfitri itu merupakan hasil metode hisab wujudul hilal yang berpedoman pada Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Pemerintah melalui Kementerian Agama akan menetapkan awal puasa Ramadan 1443 H dalam Sidang Isbat yang akan digelar Jumat, 1 April 2022.

Pakar Riset Astronomi dan Astrofisika, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Thomas Djamaluddin memprediksi, pemerintah kemungkinan mengawali puasa pada 3 April karena didasarkan pada metode rukyat atau pengamatan hilal.

Ia menjelaskan pada 1 April 2022 sore, hilal potensial belum bisa diamati. Karenanya 1 Ramadan 1443 H akan jatuh pada Minggu, 3 April.

Posisi hilal sebenarnya telah memenuhi kriteria Wujudul Hilal pada 2 April 2022 di Jawa bagian barat karena sudah masuk ketinggian 2 derajat.

“Wilayah Indonesia umumnya menetapkan tinggi hilal kurang dari dua derajat,” ujar Thomas.

Artinya, apabila hilal tidak terlihat pada 1 April, maka jumlah hari pada bulan Sya’ban tahun ini akan digenapkan menjadi 30 hari dan 1 Ramadhan 1443 H jatuh pada Minggu, 3 April. (CNN)

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1443 H

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1443 H sudah dirilis Kementerian Agama melalui website Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam. Jadwal Imsakiyah Ramadhan untuk seluruh kota/kabupaten di Indonesia bisa didownload di halaman Jadwal Imsakiyah Bimas Islam.

Jadwal Imsakiyah adalah jadwal awa dan akhir puasa yang mengacu pada awal waktu shalat Subuh untuk memulai puasa dan awal waktu shalat Magrib untuk berbuka puasa.*

 

Puasa Ramadhan

Related Post

Leave a Reply