Asal-Usul Akhir Pekan – Weekends

142 views

akhir pekan weekend

Reaktor.co.id — Akhir pekan (weekends) adalah sebutan bagi satu atau dua hari terakhir dalam satu minggu. Akhir pekan identik dengan libur dan liburan (wisata) atau refreshing. Kebanyakan orang tidak bekerja di akhir pekan.

Terkadang, hari-hari sebelum hari kerja dianggap sebagai bagian akhir pekan, dan kadang-kadang hari libur resmi dijadwalkan (atau secara kebetulan) membentuk akhir pekan panjang (long weekends).

Kamus Merriam-Webster mengartikan akhir pekan (weekend) sebagai “periode antara penutupan satu pekerjaan atau minggu sekolah dan awal berikutnya, khususnya Sabtu dan Minggu” (the end of the week : the period between the close of one work or school week and the start of the next especially : Saturday and Sunday).

Di kebanyakan negara, akhir pekan adalah Sabtu dan Minggu sekaligus hari libur setelah lima hari bekerja. Di sejumlah negeri Muslim di kawasan Timur Tengah (dunia Arab), akhir pekan biasanya Jumat dan Sabtu karena menjadi hari libur.

Minggu menjadi hari pertama kerja, sebagaimana arti Ahad (nama lain Minggu) yakni Satu atau hari kesatu dalam sepekan.

Di Indonesia, akhir pekan ialah hari Sabtu dan Minggu, mengikuti tradisi negara-negara Barat. Ada juga negara dengan akhir pekan alias libur tiga hari, yakni Jumat, Sabtu, dan Minggu, seperti Gambia, egara kecil di Afrika Barat.

Di Brunei Darussalam, akhir pekannya terputus satu hari, yakni Jumat dan Minggu, Sabtu tetap hari kerja.

Pemilihan Sabtu dan Minggu sebagai akhir pekan sekaligus hari libur berasal dari tradisi bangsa Romawi Kuno. Dahulu, bangsa Romawi Kuno yang berpusat di Italia menguasai banyak negara Eropa.

Saat berkuasa, bangsa Romawi Kuno percaya bahwa Minggu adalah hari baik untuk ibadah. Minggu juga hari suci bagi kaum Nasrani (Kristen).

Bangsa Romawi Kuno ini memiliki kebiasaan menandai hari Minggu dan hari penting lainnya dengan warna merah. Pengaruh bangsa Romawi Kuno inilah yang akhirnya menyebar ke negara-negara kekuasaannya di Eropa, salah satunya adalah Belanda, lalu diterapkan di Indonesia sebagai negara jajahannya.

Sejak saat itu, hari Minggu pun ditetapkan sebagai hari libur bagi para pekerja Indonesia. Sekarang, tradisi tersebut tetap dipertahankan.

Penggila bola atau penggemar sepakbola biasanya mengisi akhir pekan dengan nongkrong di depan televisi untuk menyaksiakan siaran langsung Liga Inggris dan liga Eropa lainnya yang biasanya menggelar pertandingan akhir pekan, Sabtu-Minggu.

Demikian pula penggemar MotoGP menikmati balapan hari Minggu karena rangkaian MotoGP digelar sejak Jumat hingga Minggu.

Demikian sejarah atau asal-usul akhir pekan alias weekend. Manfaatkan akhir pekan dengan liburan dan kegiatan “rumahan”. Baca Juga: Manfaat Libur bagi Pekerja.

Sumber: History of Weekend 

 

Akhir Pekan Hari Libur

Related Post

Leave a reply