Apindo Lebak Banten Minta UMK 2020 Tidak Naik

119 views

upah minimum

Reaktor.co.id, Banten – Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Lebak berharap Upah Minimum Kabupaten (UMK) Lebak tahun 2020 tidak naik agar investasi di Kabupaten Lebak tetap terjaga.

Menurut Wakil Ketua Apindo, Ace Sumirsa Ali, UMK Kabupaten Lebak 2020 seharusnya tidak perlu naik. Pasalnya, dari seluruh perusahaan yang berada di Kabupaten Lebak, hanya segelintir yang mampu menerapkannya.

“Kami berharap UMK tahun 2020 tidak naik. Karena memang dari seluruh perusahaan yang ada tidak semuanya mampu membayar upah sesuai UMK,” kata Ace usai rapat pra-pembahasan UMK Lebak di Kantor Disnakertrans Lebak dikutip Banten Hits, Rabu (16/10/2019).

Menurutnya, jika UMK dipaksakan naik dikhawatirkan akan berdampak buruk lantaran para investor batal berinvestasi di Kabupaten Lebak.

Dikemukakan Ace, dari data yang diterima Apindo, saat ini terdapat 31 perusahaan besar, 21 perusahaan sedang, dan 159 perusahaan kecil yang berinvestasi di Kabupaten Lebak. Bukan tidak mungkin, jika UMK dipaksakan naik jumlah tersebut akan berkurang.

“Ini harapan kami tahun 2020 ya UMK nya tidak naik tetap di angka Rp2.498.000. Kita ingin iklim investasi di Lebak tetap terjadi terlebih bupati dan wakil bupati tengah gencar promo investasi,” jelasnya.

“Pada prinsipnya kita ingin Lebak dibanjiri oleh investor. Sehingga tenaga kerja di Lebak tetap terserap oleh perusahaan-perusahaan tersebut,” kata Ace.

Di sisi lain, Ketua Konfederasi SPSI Lebak, Mas Yogi Rochmat, mengharapkan UMK Lebak pada tahun 2020 naik di atas 10 persen, sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 78 tahun 2015 tentang pengupahan. Dalam PP tersebut diatur pengupahan harus memperhatikan inflasi dan laju pertumbuhan ekonomi (LPE).

“Inflasi di Lebak masih diangka 3,5 persen, sedangkan LPE nya sudah mencapai 5 persen lebih. Maka dari itu UMK Lebak pada tahun 2020 harus naik di atas 10 persen, sehingga para buruh di Lebak dapat hidup layak dan sejahtera,” katanya.

Kepala Bidang Hubungan Industrial Disnakertrans Lebak, Mukhtar, mengatakan, rapat belum menghasilkanb keputusan mengenai kenaikan UMK. Untuk itu, dewan lengupahan akan menggelar rapat kembali pada 31 Oktober 2019.

Pemerintah pusat melalui Kementerian Ketenagakerjaan sudah menetapkan Upah Minimum Provinsi atau UMP 2020 naik sebesar 8,51 persen.*

 

Lebak Banten UMK Upah Buruh upah minimum

Related Post

  1. author
    Indra4 weeks agoReply

    SETUJU kata SPSI

Leave a reply