Apa Itu People Power?

50 views

People Power

TAGAR #IndonesiaSiapPeoplePower trending topic di Twitter, Selasa (23/6/2020). Hashtag People Power ini terkait penolakan terhadap Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) yang dinilai mengusik Pancasila dan “mengakomodasi” komunisme.

Setidaknya, RUU HIP dianggap mendegradasi Pancasila. Tagar tentang People Power terkait rencana aksi demonstrasi yang digagas organisasi masyarakat guna menentang RUU HIP. Tuntutannya adalah pembatalan, bukan penundaan.

Dalam poster yang tersebar di medi sosial, ormas akan melakukan aksi di depan gedung DPR/MPR pada Rabu, 24 Juni 2020 pukul 13.00 WIB untuk meminta agar RUU HIP dicabut dan dibatalkan dari Prolegnas.

Apa itu People Power?

Secara bahasa, people power artinya kekuatan massa atau kekuatan rakyat. Praktiknya, massa dalam jumlah banyak turun ke jalan untuk melakukan aksi unjuk rasa atau demonstrasi.

Istilah people power pertama kali populer ketika rakyat Filipina turun ke jalan dan berhasil meruntuhkan kekuasaan Presiden Ferdinand Marcos (1986).

Di Indonesia, people power berhasil “memaksa” MPRS memberhentikan Presiden Soekarno (1966) dan melengserkan Presiden Soeharto (1998).

People power sudah terjadi sejak zaman Yunani kuno. Pasa masa itu, rakyat terbiasa berunjuk rasa di depan senat. Aksi ini biasa dilakukan ketika rakyat dihadapkan pada kebijakan senat yang tidak sejalan dengan aspirasi mereka.

Karena catatan sejarah Marcos, Soekarno, dan Soeharto, people power pun identik dengan aksi massa untuk penggulingan kekuasaan.

Kunci kekuatan dan keberhasilan people power adalah kekompakan rakyat. Jika massa tidak bersatu, maka tidak akan ada people power.*

demonstrasi People Power

Related Post

Leave a reply