Aliansi Serikat Pekerja Sumut Serukan Menaker Hanif Dhakiri Mundur

88 views

Selain menuntut mundur Menaker Hanif Dakhiri, massa juga menuntut pemecatan Kadisnaker Langkat, Kadisnaker Sumut, dan Kepala UPT Pengawasan, sebagai bentuk pertanggungjawaban tragedi kebakaran pabrik mancis di Binjai.

aksi buruh sumut

Reaktor.co.id, Medan — Aliansi Serikat Pekerja Daerah Sumatera Utara (APBD SU) menyerukan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dakhiri mundur.

Seruan itu dikemukakan dalam aksi demonstrasi massa gabungan 16 serikat buruh dan LSM di DPRD Sumut, Rabu (17/7/2019),

Desakan mundur dikemukakan terkait bencana kebakaran pabrik mancis di Desa Sambirejo, Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat, bulan lalu.

Dilansir laman medanbisnisdaily.com, massa menyatakan, tragedi itu merupakan malapetaka terburuk dalam dunia ketenagakerjaan di Sumatera Utara. Sebanyak 25 pekerja perempuan dan lima orang anak kecil meninggal dunia akibat tewas terpanggang.

Massa demonstran menyebutkan, bencana kebakaran tersebut dikarenakan kecerobohan pengusaha yang tidak melengkapi perusahaannya dengan perlengkapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Massa menilai, kecerobohan tersebut tidak terlepas dari kelalaian aparat berwenang, khususnya pengawas ketenagakerjaan, Dinas Tenaga Kerja Langkat dan Sumut , dan menteri tenaga kerja.

Selain mendesak mundur Menaker Hanif, massa juga menolak revisi UU Ketenagakerjaan yang bisa membuka ruang terciptanya kesewenang-wenangan pengusaha kepada buruh.

“Dari waktu ke waktu, dari pemerintahan ke pemerintahan, buruh terus diperlemah. Posisi pengusaha diuntungkan dengan alasan kemudahan berinvestasi. Akibatnya bencana yang merenggut nyawa buruh terus berulang. Kami menuntut agar pemerintah bertanggung jawab,” kata Sekretaris Jenderal Serikat Buruh Perkebunan Indonesia (SERBUNDO), Natal Sidabutar, dalam orasinya.

Guna menuntut pertanggungjawaban pemerintah atas melayangnya 30 nyawa di Sambirejo, Aliansi Buruh Sumut menuntut Kepada Dinas Tenaga Kerjas (Kadisnaker) Langkat, Kadisnaker Sumut, dan Kepala UPT Pengawasan dicopot dari jabatannya.

“Termasuk juga Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri harus diberhentikan sebagai bentuk pertanggungjawaban,” ujarnya.*

 

Aksi Demonstrasi Kebakaran Pabrik Menaker Serikat pekerja Tragedi Binjai

Related Post

Leave a reply