Aliansi Buruh Banten Bersatu Rekomendasikan Upah Tahun 2020

223 views

Aliansi Buruh Banten

Reaktor.co.id, Banten — Aliansi Buruh Banten Bersatu (AB3) menyepakati rekomendasi pengupahan provinsi Banten tahun 2020

Rekomendasi Upah Minimum Provinsi (UMP) Banten 2020 itu berdasarkan data hasil survai kebutuhan hidup layak (KHL) masing-masing wilayah yang tetap mengacu pada UU No. 13/2003. AB3 menolak PP 78.  Nilai upah akan diumumkan secara resmi oleh AB3 setelah di sampaikan ke Gubernur Banten dalam waktu dekat.

Kesepakatan tersebut dicapai dalam Rapat Pimpinan Aliansi Keluarga Besar Aliansi Buruh Banten Bersatu dalam rangka membuat program kerja dan rekomendasi pengupahan tahun 2020 di Kota Tangerang, Senin (21/10/2019).

Tampak hadir presidium Aliansi Buruh Banten Bersatu terdiri dari Kabut Bergerak (Kota Tangerang), Alltar (Kab Tangerang dan Tangsel ), KSPSI Banten (FSP LEM SPSI, FSP KEP SPSI, FSP TSK SPSI, FSP KAHUT SPSI, FSP NIBA SPSI), Aliansi Buruh Serang (Kab/Kota Serang), dan Forum SP/SB Cilegon (Kota Cilegon).

Masing-masing serikat pekerja/serikat buruh diwakili pimpinan tiap daerah se-Provinsi Banten. Untuk perwakilan Kabupaten Tangerang diwakili oleh Galih Wawan H, Hadi Murdiyanto, dan Ardi K. Dari Kota Tangerang diwakili Dedi Sudrajat, Tukimin, Akhmad Jumali, Maman, dan Hardiansyah.

Dari Kota Tangsel diwakili oleh, Mulyono. Kabupaten Serang diwakili oleh Argo serta dari Kota Cilegon diwakili oleh, Rudi Syarudi, dan Erwin

Mewakili Aliansi Buruh Banten Bersatu (AB3), Galih Wawan H  dalam sambutanya mengatakan, rapat diadakan secara rotasi per wilayah. Kali ini yang menjadi tuan rumah adalah Kota Tangerang setelah Kota Cilegon.

Wawan menjelaskan, diadaknya rapat untuk menindaklanjuti hasil survei pasar versi aliansi wilayah kab/kota, evaluasi program kerja AB3 selama satu tahun kebelakang, serta rekomendasi aliansi wilayah kab/kota untuk program kerja Aliansi Buruh Banten Bersatu (AB3) satu tahun ke depan.

Ketua DPD KSPSI Banten, Dedi Sudarajat, SH., MH., MM, selaku tuan rumah dalam sambutanya mengungkapkan rasa bangganya bisa berjuang bersama Aliansi Buruh Banten Bersatu (AB3), menghilangkan ego masing-masing, melakukan advokasi bersama dalam satu bendera AB3.

“Ini gerakan luar biasa ditambah gerakan diatur dan dirumuskan dengan tepat sasaran,” katanya.

Hal senada dikatakan sekretaris DPD KSPSI yang juga ketua DPD FSP LEM SPSI Banten Dewa Sukma Kelana, SH., MKn. Namun, sebagai anggota aliansi dirinya mengingatkan, kebersamaan dan kepercayaan ini harus betul-betul dijaga jangan sampai terpecah belah kembali.

“Pintu AB3 juga harus terbuka lebar ketika masih ada kawan-kawan Serikat Pekerja/Serikat Buruh Lainya yang ingin bergabung berjuang sama-sama dengan syarat mau dan menjaga komitmen yang telah disepakati bersama,” katanya.

Dewa berharap kerukunan AB3 dapat terpelihara baik. Ia meyakini, kerukunan ini menjadi kekuatan besar yang bermanfaat dalam memperjuangkan hak-hak buruh melalui aksi-aksi solidaritas, saat jeritan buruh sudah tidak didengar lagi oleh pengusaha ataupun penguasa.

Aksi bersama tersebut telah dibuktikan saat puluhan ribu keluarga besar AB3 melakukan penolakan Revisi UU No. 13/2003 beriringan bersama menuju Gedung DPR RI dan aksi damai menuju Pemprov Banten. (dewa)

 

Aliansi Buruh Aliansi Buruh Banten Bersatu UMP Banten upah minimum

Related Post

Leave a reply