9 Manfaat Libur bagi Pekerja

126 views

Libur dan rekreasi sangat baik bagi pekerja/buruh. Hak berlibur bermanfaat bagi kesehatan, kreativitas, dan produktivitas.

manfaat libur pekerja

Reaktor.co.id — Libur atau tidak bekerja sementara merupakan hak pekerja/buruh, setidaknya di hari libur resmi. “Pekerja/buruh tidak wajib bekerja pada hari-hari libur resmi,” demikian disebutkan dalam UU Ketenagakerjaan.

Dinyatakan juga, “Pengusaha wajib memberi waktu istirahaat dan cuti kepada pekerja/buruh”.

Berlibur sangat bermanfaat bagi pekerja. Kecanduan kerja (workaholic) “gila kerja” bukan pilihan karena lebih banyak memiliki dampak negatif. (Baca: Bahaya Gila Kerja)

Manfaat Libur bagi Pekerja

Berikut ini manfaat sekaligus alasan mengapa berlibur merupakan kegiatan yang baik bagi pekerja. Sebagian manfaat libur bagi pekerja ini dikutip dari Lifehack.org.

1. Meningkatkan Kreativitas

Kantor bukan tempat yang bisa beri inspirasi. Melahirkan gagasan brilian di tempat kerja merupakan hal yang sangat sulit. Anda tentu tak bisa kreatif atau merasa terinspirasi saat berada di bawah tekanan.

Tapi saat berlibur dan merasa santai, kreativitas meningkat. Banyak gagasan cemerlang yang akan datang sendiri menghampiri Anda saat dan usai liburan.

Beberapa penelitian membuktikan otak Anda dapat bekerja secara progresif setelah berlibur.

2. Menjaga Kesehatan

Kesehatan akan membaik usai liburan. Libur kerja dan mengisinya dengan rekreasi membuat fungsi jantung dan tekanan darah dapat kembali ke level normal. Liburan mengurangi risiko serangan jantung.

Jika tidak pergi berlibur, pekerja bisa mengisinya dengan istirahat di rumah, misalnya tidur lebih lama. Tidur yang cukup dan nyenyak dapat meningkatkan mood kerja.

3. Pikiran Istirahat

Banyak pegawai yang merasa pening hingga linglung karena berhadapan dengan terlalu banyak data dan bekerjaan. Otak Anda akan terus dipaksa berpikir demi menuntaskan berbagai tugas.

Tapi saat berlibur, gagasan baru dan berbagai pemandangan indah akan membuat pikiran Anda merasa tenang dan lebih siap bekerja.

4. Merasa lebih bahagia

Survei Ernst & Young mengenai dampak liburan pada pekerja menunjukkan, para pegawai yang berlibur lebih selalu menunjukkan peningkatan kinerja di kantor dibandingkan yang jarang berlibur.

5. Meningkatkan Produktivitas

Semua orang memiliki batasan. Jika pekerja melakukan pekerjaan melebihi batas kemampuanmu, maka hasilnya malah tidak akan optimal atau kontraproduktif.

Liburan menjadi solusi dari permasalahan ini. Jika pekerja pergi berlibur, maka produktivitas dalam bekerja akan kembali seperti semula dan bahkan meningkat.

6. Dapat Meningkatkan Konsentrasi

Liburan bisa meningkatkan konsentrasi dan efektivitas cara berpikir, bahkan lebih siap untuk menerima tantangan baru yang lebih tinggi.

7. Mengembalikan Kebugaran

Para ahli yakin, pekerja dapat kembali bugar setelah berlibur. Kegiatan yang biasanya dilakukan ketika berlibur, seperti berjalan, bersepeda, atau sekedar berlarian-larian dengan anak-anak akan membuat pekerja melakukan olahraga bahkan tanpa disadari.

Sebaliknya, menghindari liburan dan duduk di balik meja kerja membuat pekerja mudah lelah. Aliran darah menjadi tidak berjalan dengan lancar sehingga sistem imun tubuh menurun. Pekerja pun akan lebih mudah sakit.

8. Keluarga Harmonis

Sering merasa kelelahan dan stres akibat bekerja dapat membuat hubungan pekerja dengan pasangan merenggang. Mengajak pasangan berlibur bersama, maka selain memperbaiki kesehatan diri, juga dapat menumbuhkan kedekatan dan cinta untuk pasangan atau keluarga.

9. Lebih Ramah

Seorang pemarah, sensitif, dan pesimis kemungkinan sangat jarang berlibur. Berlibur membuat seseorang menyadari bahwa dirinya bisa memiliki kehidupan yang sangat berbeda di luar meja kerja.

Kebugaran dan kesegaran baru seusai berlibur akan membuat seseorang rileks dan lebih ramah karena kondisi pikiran dan fisiknya segar.

Itu dia 9 manfaat libur atau rekreasi bagi pekerja.*

Kalender Hari Libur Nasional Indonesia 2019

1 Januari / Selasa – Tahun Baru Masehi
5 Februari / Selasa – Tahun Baru Imlek
7 Maret / Kamis – Hari Raya Nyepi
3 April / Rabu – Isra Mi’raj
19 April /Jumat – Jumat Agung

1 Mei / Rabu – Hari Buruh
19 Mei / Minggu – Hari Waisak
30 Mei / Kamis – Kenaikan Isa Almasih
1 Juni / Sabtu – Hari Lahir Pancasila

3 – 4 Juni / Senin – Selasa – Cuti Bersama Lebaran
5 – 6 Juni / Rabu – Kamis – Hari Raya Idul Fitri
7 Juni / Jumat Cuti Bersama Lebaran

11 Agustus / Minggu – Idul Adha
17 Agustus / Sabtu – Hari Kemerdekaan RI
1 September / Minggu – Tahun Baru Islam
9 November / Sabtu – Maulid Nabi Muhammad SAW
24 Desember / Selasa – Cuti Bersama Hari Natal
25 Desember / Rabu – Hari Natal

 

Hari Libur Liburan Manfaat Libur Pekerja

Related Post

  1. author

    […] adalah sebutan bagi satu atau dua hari terakhir dalam satu minggu. Akhir pekan identik dengan libur dan liburan (wisata) atau refreshing. Kebanyakan orang tidak bekerja di akhir […]

Leave a reply