8 Juta Pekerjaan di Indonesia Dilakukan secara Online

66 views

bisnis online

Reaktor.co.id, Jakarta – Sekitar delapan juta pekerjaan yang ada di Indonesia saat ini dilakukan secara online atau dalam jaringan (daring).

Pekerjaan tersebut pada dasarnya terbagi atas tiga tipe yaitu pengemudi online, freelancer online, dan agen financial technology (fintech)

Hal itu dikemukakan Direktur Eksekutif Indonesia Services Dialogue (ISD) Devi Ariyani dalam siaran pers di Jakarta, Jumat (25/10/2019).

“Saat ini, di Indonesia, secara kasar diperkirakan terdapat sekitar delapan juta pekerjaan yang dilakukan secara online,” jelas Devi.

Ia juga mengemukakan perubahan besar dalam pola hubungan kerja itu sayangnya belum diimbangi dengan berbagai regulasi yang ada.

Devi menjelaskan ada dua hal yang masih berpotensi menghambat, yaitu pertama regulasi ketenagakerjaan yang masih terlalu kaku untuk mengakomodasi hubungan tenaga kerja yang baru muncul akibat adanya kemajuan teknologi digital.

“Kedua, masih ada kekosongan aturan di Indonesia, sehingga para pekerja online ini belum dilindungi oleh aturan yang ada,” katanya.

Devi memaparkan hal yang perlu diperjelas antara lain apakah skema pekerjaan daring itu dikategorikan sebagai pekerja lepas harian atau kategori lainnya. Perlu pula diatur rinci mengenai proses hubungan industrial antara pekerja dan pemberi kerja.*

 

Pekerjaan Online

Related Post

Leave a reply