6 Hal yang Harus Dilakukan di Pagi Hari Agar Lebih Bahagia di Tempat Kerja

11 views

Pagi adalah awal hari. Yang dilakukan di pagi hari menentukan siang dan sore Anda, termasuk saat bekerja. Berikut ini 6 hal yang harus dilakukan di pagi hari agar lebih bahagia di tempat kerja.

6 Hal yang Harus Dilakukan di Pagi Hari Agar Lebih Bahagia di Tempat Kerja

Reaktor.co.id — Pagi mengatur nada untuk hari itu. Inilah cara menggunakannya untuk meningkatkan suasana hati dan menghadapi masa-masa sulit.

Bagaimana kita memulai pagi dapat mengatur nada untuk sisa hari itu. Tetapi bagi kebanyakan dari kita, itu bisa menjadi pengalaman yang menegangkan yang dipenuhi dengan perjalanan yang menyedihkan dan jadwal yang padat.

Untuk merasa lebih bahagia selama hari kerja, pertimbangkan rutinitas pagi Anda dan apa sebenarnya kebahagiaan di tempat kerja. Ini tidak berarti memaksakan kegembiraan, tetapi itu bisa berarti menemukan momen ketenangan batin atau waktu untuk diri sendiri di tengah tenggat waktu.

Adjoa Osei, seorang psikolog klinis berlisensi dan konsultan keragaman, kesetaraan dan inklusi, mengatakan kebahagiaan dapat berarti banyak hal berbeda bagi para profesional yang berbeda.

Jika Anda bingung tentang apa yang seharusnya untuk Anda, tanyakan pada diri sendiri, “Seperti apa hari Anda?” dia berkata. “Ketika Anda berpikir tentang pekerjaan dan Anda membiarkan diri Anda melamun, seperti apa itu? Dengan siapa Anda berinteraksi? Bagaimana harimu dimulai?”

Tujuannya adalah menjadikan pagi hari sebagai waktu yang Anda nantikan setiap hari dan tidak menakutkan.

6 Hal Yang Harus Dilakukan di Pagi Hari

Berikut adalah ide yang berbeda untuk dicoba yang dikutip reaktor.co.id dari Huffpost, Sabtu (26/6/2021).

1. Minum segelas air setelah bangun tidur.

Hidrasi adalah tips praktis untuk membantu tubuh Anda merasa baik sepanjang hari. Osei mengatakan, dia memperhatikan bahwa tidak minum air di pagi hari akan berdampak negatif pada tubuh.

“Saya sering bangun, saya terburu-buru, saya sedang berjalan-jalan dengan anjing saya … kemudian saya mengalami dehidrasi dan sakit kepala sepanjang hari,” katanya.

Itu sebabnya dia menyarankan untuk minum air di pagi hari dan merekomendasikannya kepada klien.

Ini adalah contoh perubahan sederhana namun signifikan yang dapat Anda lakukan untuk mengubah hari Anda menjadi lebih baik.

“Tidak apa-apa untuk berpikir kecil, seperti, ‘Hal-hal kecil apa yang dapat saya lakukan yang memiliki dampak signifikan?'” kata Osei.

2. Pilih aktivitas yang ingin Anda lakukan sebelum bekerja.

Melody Wilding, seorang pelatih eksekutif dan penulis “Trust Yourself: Stop Overthinking and Channel Your Emotions for Success at Work” merekomendasikan untuk memulai hari dengan aktivitas yang bermakna dan memusatkan Anda, seperti yoga, meditasi, menulis, atau blogging.

“Anda merasa lebih memegang kendali saat memulai hari dengan sesuatu yang Anda pilih, sebelum masuk ke tuntutan pekerjaan,” katanya.

Ingatlah, aktivitas yang menyehatkan bagi orang lain mungkin tidak berhasil untuk Anda.

“Bagi sebagian orang, duduk diam, mematikan suara atau lampu, itu mungkin nyaman,” kata Osei.

“Bagi orang lain, itu mungkin benar-benar menakutkan dan mungkin meditasi Anda mengharukan. Mungkin Anda adalah seseorang yang perlu bergerak dan itu adalah sesuatu yang membuat Anda rileks atau menenangkan. Mungkin bagi sebagian orang, itu mungkin teh.”

“Pekerjaan tidak harus menjadi hal yang berkontribusi pada kebahagiaan Anda. Anda membawa kebahagiaan Anda ke tempat kerja.”

3. Letakkan tekanan

Beberapa pagi kurang ideal. Mungkin ada kereta atau lalu lintas yang tertunda tanpa akhir yang terlihat, dan mungkin ada rapat yang akan Anda terlambat.

Ketika Anda mulai merasa terbebani oleh kemunduran yang tak terhindarkan, kehidupan menghadang Anda di pagi hari, luangkan waktu sejenak untuk bernapas.

Wilding mengatakan bahwa satu hingga dua menit pernapasan terkontrol dapat mengatur ulang sistem saraf Anda dan membantu Anda mendapatkan kembali perasaan tenang dan tenang.

Wilding juga menyarankan strategi yang dia rekomendasikan kepada kliennya yang disebut “tas ransel.”

“Masukkan situasi stres ke dalam ransel imajiner yang Anda abaikan. Anda dapat membuat ini lebih konkret dengan menggambar persegi panjang di atas kertas dan menuliskan frustrasi Anda, ”katanya. “Robek kertasnya dan buang, secara simbolis lanjutkan harimu.”

4. Buat batasan antara Anda dan kebiasaan pagi.

Perhatikan apa yang berkontribusi terhadap stres Anda di pagi hari. Osei mencatat bahwa bagi banyak dari kita, itu dapat memeriksa email kantor dan menggulir telepon di pagi hari.

“Jika meraih ponsel Anda atau jika menyalakan berita adalah hal-hal yang memulai hari Anda dengan cara yang tidak Anda sukai, bagaimana kita menciptakan waktu untuk memisahkannya? Jika Anda ingin menonton berita di pagi hari, itu tidak harus menjadi hal pertama yang Anda nyalakan,” katanya.

“Jika Anda tahu memeriksa ponsel Anda membuat stres di pagi hari, coba letakkan di laci di seberang ruangan tempat Anda bangun,” sarannya.

Dengan begitu, ada satu atau dua aktivitas antara Anda dan kebiasaan yang tidak Anda sukai. Tujuannya adalah untuk menciptakan penyangga antara aktivitas yang menguras energi dan aktivitas yang memberi energi dan menopang Anda untuk hari yang panjang ke depan.

5. Periksa dengan tubuh Anda jika Anda bangun dengan tegang.

Jika Anda bangun dengan luka, luangkan waktu sejenak untuk merawat tubuh Anda dan membantunya rileks.

“Apakah Anda merasakan ketegangan di bahu Anda? Apakah Anda mengatupkan rahang Anda? Ketika Anda mengetahui tanda-tanda stres dan ketegangan di tubuh Anda, Anda dapat berlatih dan melatih diri untuk menyadarinya dan menciptakan pengalaman baru bagi diri Anda sendiri,” kata Cicely Horsham-Brathwaite, psikolog berlisensi dan pelatih eksekutif.

Dia menyarankan relaksasi otot progresif, latihan mengencangkan dan melepaskan kelompok otot Anda, dan berjalan-jalan sebentar di luar sebagai dua cara untuk mengatasi ketegangan fisik ini.

6. Kebahagiaan tidak selalu datang dari pekerjaan Anda sendiri.

Ini juga membantu untuk mempertimbangkan dari mana Anda pikir Anda seharusnya mendapatkan kebahagiaan Anda. Anda mungkin mencarinya di tempat yang salah.

“Pekerjaan tidak harus menjadi hal yang berkontribusi pada kebahagiaan Anda. Anda membawa kebahagiaan Anda ke tempat kerja,” kata Horsham-Brathwaite.

“Ini adalah perubahan pola pikir yang diperlukan untuk memperluas definisi kebahagiaan Anda sehingga tidak terlalu bergantung pada kondisi tempat kerja Anda.”

Mengajar diri sendiri untuk merasa baik dapat membantu Anda tidak bergantung pada kekuatan luar seperti pekerjaan untuk membantu Anda merasa bahagia. Itu adalah pelajaran penting yang akan membantu Anda di tempat kerja dan di luar itu.

Itu dia 6 hal yang harus dilakukan di pagi hari agar lebih bahagia di tempat kerja. Tentu saja, bagi pekerja muslim, keenam hal itu selain doa bangun tidur, shalat Subuh, doa pagi, dan doa keluar luar rumah.*

 

Pagi Hari Persiapan Kerja Semangat Kerja Situasi Kerja Tips Kerja

Related Post

Leave a Reply