5 Keterampilan Digital Dasar untuk Kehidupan Sehari-hari

161 views

Saat ini kita hidup di era digital. Ada 5 keterampilan digital dasar (basic digital skill) yang diperlukan untuk kehidupan sehari-hari.

Daftar Skill Digital yang Dibutuhkan Saat Ini

Reaktor.co.id — Seiring dengan kehadiran dan perkembangan internet, kita hidup dalam masyarakat digital. Kita memerlukan keterampilan digital (digital skill) untuk bisa beradaptasi.

Digitalisasi menyentuh semua sektor kehidupan. Pandemi Covid-19 mempercepat digitalisasi itu. Anak-anak sekolah mulai tingkat TK hingga perguruan tinggi pun mengalami digitalisasi (sekolah daring dan kuliah online).

Berbekal komputer dan ponsel pintar (smartphone) yang terkoneksi ke internet, kita bisa melakukan banyak hal tanpa harus keluar rumah: bekerja (work from home), belanja di e-commerce, pesan makanan dan minuman, rapat mealui zoom meeting, bahkan sidang skripsi dan wisuda.

5 Keterampilan Digital untuk Kehidupan Sehari-hari

Untuk menjadi warga masyarakat digital yang cerdas, diperlukan keterampilan digital (digital skill) yang memadai. Berikut ini 5 keterampilan digital dasar untuk kehidupan sehari-hari.

Keterampilan dasar digital untuk kehidupan sehari-hari meliputi:

1. Menemukan, mengelola, dan menyimpan informasi dan konten digital.

Misalnya, menggunakan mesin pencari untuk menemukan informasi dan mem-bookmark situs web dan layanan yang bermanfaat.

Mencari informasi di mesin pencari Google alias “Googling” juga memerlukan keterampilan agar pencarian menghasilan informasi akurat serta cara menyimpannya dengan aman jika diperlukan.

2. Berkomunikasi, berinteraksi, berkolaborasi, berbagi, dan terhubung dengan orang lain.

Misalnya, menggunakan email, pesan instan, atau media sosial. Membuat email, mengirim dan membalas email, memerlukan skill tersendiri. Bahkan ada juga etika dalam menulis dan mengirim email.

3. Membeli dan menjual barang dan jasa, mengatur keuangan Anda dan menggunakan layanan pemerintah digital.

Misalnya, memesan belanja online, mengelola rekening bank, atau memesan perjalanan. Diperlukan literasi digital agar konsumen belanja di marketplace dan e-commerce dengan baik dan aman, melakukan internet banking dan/atau mobil banking.

4. Memecahkan masalah dan menemukan solusi menggunakan alat digital.

Misalnya, mengajari diri sendiri tugas-tugas sederhana menggunakan tutorial, atau menggunakan umpan balik dari pengguna internet lain untuk memecahkan masalah umum.

5. Membuat konten digital dasar untuk terlibat dengan komunitas dan organisasi digital.

Misalnya, membuat posting media sosial, membuat dokumen teks seperti CV, membuat dan membagikan album foto, atau membuat dan membagikan umpan balik tentang produk dan layanan.

Keamanan adalah aspek yang sangat penting dalam kehidupan online. Ini dapat melibatkan pengelolaan identitas digital Anda, menilai keakuratan sumber informasi, memperbarui perangkat lunak anti-virus secara teratur di komputer Anda, menggunakan pengaturan keamanan yang tepat, menghindari penipuan dan tipuan, melindungi privasi Anda, dan menghormati privasi orang lain. Anda akan memiliki kesempatan untuk fokus pada keselamatan secara lebih rinci di Minggu 4 kursus ini.

Keterampilan digital dasar lainnya terkait cara menemukan, mengevaluasi, dan mengelola informasi, berkomunikasi, dan berkolaborasi dengan orang lain, serta mengelola identitas digital.

Sumber: Open University 

 

Era Digital Skill Digital

Related Post

Leave a Reply