5 Besar Kota Termacet di Indonesia, Surabaya Teratas

71 views

5 Besar Kota Termacet di Indonesia, Surabaya Teratas

Reaktor.co.id — Surabaya menjadi kota paling macet di Indonesia, menurut data terbaru perusahaan analisis data lalu lintas, Inrix.

Dalam rilis hasil penelitian Global Traffic Scorecard 2021, kota termacet pertama di Indonesia, Surabaya menduduki peringkat pertama, diikuti Jakarta, Denpasar, Malang, dan Bogor.

Secara global, Surabaya menjadi kota termacet ke-41 di dunia.

Peringkat Inrix tentang kota termacet di Indonesia ini dihitung berdasarkan tingkat keparahan kemacetan atau jam yang terbuang selama macet, yang diukur berdasarkan ukuran kota.

Menurut catatan Inrix, jumlah total waktu yang terbuang dalam kemacetan selama periode jam sibuk di Surabaya mencapai 62 jam dalam setahun.

Jakarta berada di bawah Surabaya sebagai kota termacet di Indonesia. Secara global, Jakarta menempati urutan ke-222 kota termacet di dunia dan pengendara di Jakarta kehilangan waktu 28 jam dalam kemacetan selama periode jam sibuk dibandingkan kondisi di luar jam sibuk.

Daftar 5 Besar Kota Termacet di Indonesia

Data: 2021 INRIX Global Traffic (Indonesia)

1. Surabaya
2. Jakarta
3. Denpasar
4. Malang
5. Bogor.

Sumber Data

INRIX menggabungkan data anonim dari kumpulan data yang beragam – seperti ponsel, mobil, truk, dan kota – yang menghasilkan wawasan yang kuat dan akurat.

Data yang digunakan dalam Global Traffic Scorecard 2021 adalah status kemacetan atau tidak macet dari setiap segmen jalan untuk setiap menit dalam sehari, seperti yang digunakan oleh jutaan pengemudi di seluruh dunia yang mengandalkan layanan lalu lintas berbasis INRIX.

Metodologi Penelitian

Kartu Skor 2021 dibangun di atas metodologi yang diadopsi dua tahun lalu dengan mengidentifikasi beberapa area perjalanan di dalam kota, menangkap profil mobilitas unik masing-masing kota.

Selanjutnya, Scorecard 2021 menganalisis waktu perjalanan, jarak tempuh, karakteristik perjalanan, dan dampak insiden terhadap kemacetan di dalam kota. Dari pendekatan multifaset ini, pemahaman holistik dapat dicapai dalam lanskap yang semakin kompleks.

Kartu Skor Lalu Lintas Global INRIX 2021 menghitung waktu yang hilang dalam kemacetan dengan menggunakan data lalu lintas di beberapa sub area perjalanan di dalam kota. Sub-area perjalanan diidentifikasi berdasarkan konsentrasi perjalanan yang berakhir dalam area yang ditentukan.

Analisis ekonomi dilakukan untuk memperkirakan total biaya untuk pengemudi rata-rata di kota, dan total biaya untuk penduduk kota.

Koridor terburuk terbatas pada koridor yang memiliki volume lalu lintas tertinggi dan diberi peringkat berdasarkan jam keterlambatan rata-rata per pengemudi pada tahun 2021.*

 

Inrix Kota Termacet Surabaya

Related Post

Leave a Reply