3 Bulan Upah Belum Dibayar, Puluhan Pekerja Proyek Terusan Tano Ponggol Unjuk Rasa

99 views

Puluhan pekerja Basuki Rahmanta Putra-PT Sac Nusantara berunjuk rasa menuntut upah dibayarkan

Reaktor.co.id – Puluhan pekerja PT Basuki Rahmanta Putra-PT Sac Nusantara, KSO, menggelar aksi unjuk rasa di kawasan proyek pelebaran terusan Tano Ponggol Danau Toba, Samosir, Sumatera Utara, Senin (22/7/2018). Mereka menuntut agar upah tiga bulan mereka dibayarkan perusahaan.

Dikutip dari Medanbisnisdaily, aksi diwarnai pembakaran ban bekas. Suara orator aksi menggelegar dengan tuntutan: “Bayar gaji kami’, dan ‘Keluarkan hak kami’.

Salah seorang peserta aksi, Sutrisno, mengatakan, mereka melakukan aksi unjuk rasa untuk menuntut hak. Pasalnya sudah 3 bulan tidak digaji oleh manajemen perusahaan.

“Tiga bulan sudah tidak digaji, sampai saat ini tidak ada kejelasan dari manajemen akan permasalahan yang menyangkut hidup ratusan orang ini,” ucap Sutrisno.

Pekerja lain yang enggan disebutkan namanya, mengaku gara-gara upah belum dibayar, ia terpaksa berutang ke banyak tempat untuk menghidupi keluarganya.

“Saya sudah ngutang di banyak tempat, sampai warung pun gak mau hutangkan kami lagi. Saya berharap ada kejelasan dari permasalahan ini. Saya minta pimpinan perusahaan mau membantu kami menyelesaikan masalah ini,” katanya.

Pembangunan pelebaran terusan Tano Ponggol Danau Toba, Pangururan, Samosir bersumber dari APBN murni Tahun Anggaran 2017-2019 dengan nilai kontrak Rp 313.339.211.900. Proyek itu dimulai awal 2018. Masa pelaksanaan 730 hari oleh penyedia jasa PT Basuki Rahmanta Putra-PT Sac Nusantara.

General Manager PT Basuki Rahmanta Putra-PT Sac Nusantara, Edy Sidabutar, saat dikonfirmasi, mengatakan hak dan kewajiban perusahaan kepada para pekerja akan segera dituntaskan.

Pekerja reaktor upah

Related Post

Leave a reply