Puluhan Ribu Buruh Banten Bakal Geruduk Istana 21 Agustus 2019

1237 views

Suasana rapat Aliansi Buruh Banten Bersatu

Reaktor.co.id, Tangerang — Pimpinan serikat pekerja/buruh se-Banten yang mengatasnamakan Aliansi Buruh Banten Bersatu bertemu di RM Manceri Balaraja Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Selasa (6/8/2019).

Aliansi sepakat akan bergerak melakukan aksi besar-besaran ke Istana, pada hari Rabu, 21 Agustus 2019, bergabung dengan aksi Gerakan Kesejahteraan Nasional (Gekanas).

Aksi tersebut akan diawali dengan deklarasi Aliansi Buruh Banten Bersatu dalam bentuk presidium yang di dalamnya terdiri dari ALTAR (Aliansi Rakyat Tangerang Raya), KABUT (Komite Aksi Buruh Tangerang), ASPSB (Aliansi Serikat Pekerja Serikat Buruh), FBC (Forum Buruh Cilegon), KSPSI (Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia), KSPSI 1973, KSBSI termasuk DPD FSP LEM SPSI Provinsi Banten di dalamnya. Deklarasi akan dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 2019 di Pokja Kota Tangerang.

BACA JUGA: Gekanas Bedah Wacana Revisi UU Ketenagakerjaan

Pertemuan tersebut dipimpin oleh Rudi Syahrudin Ketua Forum SP/SB Cilegon yang juga ketua FSP KEP Cilegon, Galih Wawan ( ALTTAR) yang juga pengurus FSP KEP SPSI, Maman M (KABUT) yang juga Kordinator KASBI, dan Dedi Sudarajat (Ketua DPD KSPSI Provinsi Banten).

Tampak hadir seluruh pempinan Serikat Pekerja/ Serikat Buruh se Banten yang sepakat tergabung dalam Aliansi Buruh Banten Bersatu (AB3 (ABThree)) yakni FSBM, SPTP Respati, SBJP, SPN Kab Tangerang, SPTP Ref, FSPMI Tangerang Gaspermindo, KSPSI, FARKES, SBGTS-GSBI, PD FSP KEP SPSI Banten, PC FSP KEP SPSI Cilegon, DPC KSPSI 1973 Kota Tangerang, FSBN-KASBI, SEMPRO, PC FSP KEP SPSI Kota Tangerang, SP KEP SPSI AGN, FSP LEM SPSI Kota Tangerang, FSPN, FSPA Fetrend, FSPMI Cilegon, DPD FSP LEM SPSI Banten.

“Dalam waktu dekat, Aliansi akan mempersiapkan deklarasi dan kegiatan lainya terkait penolakan keras pekerja/buruh di Banten atas revisi UU Ketenagakerjaan sebelum melakukan aksi besar-besaran pada tanggal 21 Agustus 2019 ke istana,” tandas pimpinan rapat Aliansi Banten Bersatu, Galih Wawan.

Massa FSP LEM SPSI dalam Aksi Demonstrasi (Istimewa)

DPP FSP LEM SPSI sebagai salah satu anasir utama Gekanas juga sudah mengkonfirmasi bahwa ratusan ribu massa pekerja/buruh yang bernaung di bawah FSP LEM SPSI, dari Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi) dan Banten, bakal turun ke jalan pada tanggal 21 Agustus 2019 itu.

“FSP LEM SPSI tegas menolak revisi UU Ketenagakerjaan. Sebagai bentuk penyikapan itu, FSP LEM SPSI dipastikan menurunkan ratusan ribu massa pekerja/buruh se-Jabodetabek dan Banten ke Istana pada tanggal 21 Agustus 2019 nanti,” cetus Ketua Umum DPP FSP LEM SPSI, Ir. Arif Minardi. (AF)*

aksi buruh aliansi banten bersatu demonstrasi FSP LEM SPSI Gekanas tolak revisi uu ketenagakerjaan Tolak Revisi UU13/2003

Related Post

  1. author

    […] BACA JUGA: Puluhan Ribu Buruh Banten Bakal Geruduk Istana 21 Agustus 2019 […]

Leave a reply