17 Pekerjaan Online Alternatif Penghasilan Tambahan

258 views
Make Money Online

Make Money Online (USA Today)

Reakto.co.id — Pekerjaan online (online jobs) menjadi alternatif kerja sampingan untuk penghasilan tambahan, bahkan bisa menjadi pekerjaan utama. Pekerjaan online disebut juga menghasilkan uang di inernet (make money online).

Pekerjaan online yaitu pekerjaan yang dilakukan melalui internet yang dapat dilakukan saat istirahat, libur, atau di luar jam kerja kantoran 9 am – 5 pm.

Pekerjaan online juga menjadi solusi saat kesulitan mencari kerja. Lowongan pekerjaan online ini bisa ditemukan di situs-situs penyedia lowonan kerja.

Daftar Pekerjaan Online

Berikut ini daftar 20 pekerjaan online yang bisa menjadi alternatif kerja sampingan dan mendapatkan penghasilan tambahan. Bisa juga menjadi pekerajaan utama bagi yang jobless.

1. Bloger

Anda bisa menjadi wirausahawan daring (online-preneur) dengan menjadi bloger  (blog-preneur). Bloger adalah sebutan untuk orang yang mengeblog; pengeblog; narablog (KBBI).

Blog dikenal juga sebagai website pribadi (personal web) yang bisa dibuat secara mudah dan gratis di berbagai platform blog, seperti Blogger dan WordPress.

Membuat blog seperti membuat akun media sosial Facebook, Twitter, atau Instagram, namun kita leluasa mengubah desain tampilan dan isinya (konten) layaknya website pada umumnya. Di media sosial kita dibatasi soal tampilan dan konten. Berbeda dengan di blog.

Ngeblog (blogging) adalah pekerjaan online untuk menghasilkan uang, bukan sekadar berbagi pengalaman dan pengetahuan atau ekspresi diri. Biasanya dibutuhkan setidaknya 6-18 bulan untuk mulai menghasilkan uang dari blog atau setelah blog dikenal (populer) dan banyak pengunjung.

Ada empat cara utama menghasilkan uang dari blogging:

  1. Iklan – Anda dapat dibayar untuk memasang iklan di blog Anda.
  2. Pemasaran Afiliasi – Di sinilah Anda dibayar komisi untuk setiap produk yang Anda jual melalui blog Anda.
  3. Produk Digital – Anda dapat menjual buku elektronik, kursus, dll.
  4. Layanan – Jika Anda suka bekerja 1 lawan 1 dengan orang-orang, sebuah blog bisa menjadi cara yang bagus untuk menghasilkan arahan untuk pelatihan, konsultasi, dll.

Minat jadi bloger? Ikuti langkahnya di Cara Membuat Blog.

2. Dropshipper

Anda tidak menyimpan stok barang. Jika mendapatkan order, Anda langsung meneruskan order dan detail pengiriman barangnya ke distributor/supplier/produsen.

Dengan dropshipping, Anda dapat mengatur etalase pada platform seperti Shopify, daftar produk Anda, dan kemudian pesanan dikirim langsung ke pelanggan dari pemasok.

Ini adalah opsi yang luar biasa bagi siapa saja yang mencari pekerjaan online karena memungkinkan Anda untuk mencoba-coba penjualan, tidak pernah menyentuh produk fisik selama transaksi, dan tentu saja, mendapatkan penghasilan yang baik sepanjang waktu.

3. Reseller

Sedikit berbeda dengan sistim dropship, Reseller menyediakan stok barang terlebih dahulu untuk di jual kembali kepada konsumen.

Stok barang didapat dari produsen atau grosiran, dan pihak reseller akan membeli dengan jumlah banyak atau partai besar agar mendapatkan harga yang murah.

Sistim ini lebih sederhana untuk dijalankan hanya saja membutuhkan sejumlah modal untuk pengadaan stok barang, akan tetapi keuntungan di dapatkan umumnya lebih besar di banding dengan menjalankan sistim dropship.

Menjalankan bisnis online dengan sistim reseller selain bisa langsung memasarkan produk kepada konsumen, bisa juga dengan merekrut para dropshipper yang akan membantu meningkatkan jumlah pemasaran, sehingga penjualan produk bisa lebih besar.

4. Pengiklan online

Bisnis yang sudah mapan membutuhkan bantuan Anda dengan metode periklanan online mereka. Banyak bisnis lokal (belum tentu lokal untuk Anda) belum online tetapi tahu harus.

Cukup pindai halaman kuning (yellow pages) untuk menemukan bisnis yang tidak memiliki situs web, atau paling tidak, situs web yang terlihat terkini dan aktif. Hubungi bisnis-bisnis itu untuk menawarkan layanan iklan Anda. Jika Anda dapat membantu bisnis lain mendapatkan aliran klien baru yang stabil, Anda akan selalu memiliki pekerjaan!

5. Penguji Produk

Pengujian produk adalah pekerjaan online yang menyenangkan yang memungkinkan Anda menghasilkan uang dengan menggunakan produk yang sudah Anda inginkan atau butuhkan. Anda dapat menguji dan dibayar untuk meninjau produk fisik dan digital sebagai penguji produk.

Setelah mendaftar untuk satu atau lebih situs web pengujian produk, Anda akan dicocokkan dengan produk dari berbagai perusahaan. Setelah menerima dan menguji produk, Anda kemudian mengikuti instruksi dan menyelesaikan survei atau tugas serupa untuk memberikan pendapat Anda tentang produk yang diuji.

Untuk pekerjaan Anda, Anda menerima uang tunai, kartu hadiah, atau menyimpan produk yang telah Anda uji.

6. Penulis lepas

Freelance writer atau penulis lepas dulu dilakukan di suratkabar, tabloid,  atau majalah. Saat ini, banyak peluang menulis di situs-situs web yang membuka kesempatan bagi Anda untuk menulis berbagai topik dan mendapatkan uang (honor).

Silakan cek: Daftar 10 Situs untuk Penulis Lepas

7. Manajer/Admin Media Sosial

Mengelola media sosial bisnis sama dengan mengelola akun Instagram, Facebook, atau Twitter Anda sendiri. Untuk menjadi “populer” di media sosial, Anda harus aktif  dan interaktif. Ketika seseorang memposting komentar atau pesan pribadi Anda, Anda membalas!

Bisnis sering gagal di media sosial karena mereka tidak memiliki seseorang yang berdedikasi untuk tetap aktif di berbagai platform media sosial.

8. Desainer grafis

Anda tidak perlu memiliki gelar dalam desain grafis untuk mendapatkan pekerjaan online di industri ini, meskipun hal itu tentu saja tidak akan mengganggu potensi penghasilan Anda. Keterampilan desain grafis diperlukan untuk semua jenis proyek seperti membuat lembaran yang dapat dicetak, pengumuman, iklan atau gambar Pinterest.

Jika Anda memiliki minat pada desain dan tahu cara menggunakan alat-alat seperti Canva atau PicMonkey, Anda dapat memiliki posisi pekerjaan online hanya menunggu Anda untuk mengisinya.

Membuat gambar Pinterest yang indah sangat diminati oleh para blogger dan bahkan membantu hampir semua bisnis mendapatkan traffic baru ke situs web mereka. Jika ini adalah sesuatu yang ingin Anda pelajari, pertimbangkan untuk mengambil kursus ini untuk mempelajari cara membuat gambar terbaik yang diklik dan dibagikan ribuan kali di Pinterest.

9. Desainer Situs Web

Merancang situs web bukan berarti Anda harus menemukan kembali internet dan membuat situs web yang tampak rumit. Ini berarti Anda perlu tahu apa yang terlihat bagus dan dapat menggunakan gambar dan skema warna untuk menyelesaikan situs web yang berfungsi yang memenuhi kebutuhan klien Anda.

10. Influencer media sosial

Ada perusahaan seperti Program Influencer Amazon dan ShopStyle yang memungkinkan Anda memposting tautan berbayar di profil Anda.

Jika pengikut Anda mengklik tautan dan melakukan pembelian, Anda menerima komisi tanpa biaya tambahan. Saat pengikut dan keterlibatan Anda tumbuh, demikian juga penghasilan Anda!

11. Fotografer (penjual foto)

Ketika Anda memiliki bakat dalam fotografi, mengapa tidak menggunakan pekerjaan online yang bagus? Anak-anak mulai menunjukkan bakat mereka di bidang ini cukup muda, dan terlebih lagi dengan smartphone di tangan mereka.

Ada banyak tempat untuk menjual foto secara online yang akan mendatangkan penghasilan pasif yang bagus. Anda bisa membuat blog atau website untuk etalase foto premium, selain promosian di media sosial.

12. Youtuber

Tidak perlu penjelasan banyak soal ini, mengingat banyak Youtuber yang menghasikan banyak uang dari akun Youtube. Yang harus Anda lakukan adalah membuat akun dan channel Youtube lalu mengisinya dengan video unik, menarik, dan potensial menjadi viral dan mengundan subscribe.

Anda bisa monetisasi dan mengundang sponsor untuk video yang dibuat.

YouTube membuat beberapa perubahan pada persyaratan minimum pelanggan dan tayangan sebelum saluran dapat mulai menghasilkan uang. Setelah minimum itu dilewati, maka iklan dapat ditempatkan di video untuk membuat aliran pendapatan.

13. Jasa Edit Foto

Mirik desainer grafis, tapi pekerjaan ini khusus edit foto bagi yang membutuhkan.

14. SEO Specialis

SEO singkatan dari Search Engine Optimization atau pengoptimalan mesin telusur. Banyak lembaga atau pemilik website yang membutuhkan jasa SEO untuk meningkatkan trafik atau popularitas webnya. Anda bisa memulai dengan blogging dan menerapkan SEO untuk melatih dan mendalaminya.

15. Content Creator

Pembuat konten atau pengisi website dan status update media sosial. Berbagai situs web lembaga atau instansi membutuhkan banyak tenaga ahli untuk mengisi websitenya.

Content creator bertugas untuk membuat konten atau postingan berkualitas dan menarik, baik dalam bentuk tulisan, gambar, audio, video, atau gabungan semuanya (multimedia).

16. Content Writer

Mirip conten creator, namun penulis konten lebih fokus ke tulisan atau sebagai penulis –sebagaimana namanya, writer, yaitu penulis.

17. Affiliate Marketing

Pemasaran afiliasi disediakan banyak pelaku bisnis online, termasuk provider domain – hosting. Cara kerjanya, kita memasarkan atau mempromosikan produk/jasa di blog atau media sosial.

Situs Penyedia Pekerjaan Online

Lowongan pekerjaan online tersedia di banyak situs penyedia lowongan kerja. Silakan buka situs-situs penyedia pekerjaan online dan lowongan kerja lainnya di situs-situs di bawah ini:

  1. Jobstreet.co.id
  2. Karir.com
  3. Loker.id
  4. Id.indeed.com
  5. Projects.co.id
  6. Sribulancer.com
  7. Freelancer.co.id
  8. Gobann.com
  9. Serba50ribu.com.

Demikian 17 Pekerjaan Online Alternatif Penghasilan Tambahan. Good Luck! (Mel).*

 

Kerja Online Lowongan Kerja Online Pekerjaan Online

Related Post

Leave a reply