15 Pengurus SPSI Ikuti Pendidikan Konstitusional di MK

199 views

Ketua dan Sekretaris DPD KSPSI Banten akan mengikuti Pendidikan Konstitusional di MK

Reaktor.co.id – Merespons positif undangan Pusat Pendidikan Mahkamah Konstitusi (MK), DPP KSPSI (Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia) berencana mengirimkan sebanyak 15 orang pengurus SPSI berlatar belakang pendidikan S1 dan S2 guna mengikuti kegiatan Pendidikan Konstitusional di MK.

“Dalam rangka meningkatkan pemahaman hak konstitusional warga negara bagi pengurus dan anggota organisasi serikat pekerja/serikat buruh, 15 pengurus SPSI berlatar belakang pendidikan S1 dan S2 bakal mendapat pemahaman tentang kaidah dan nilai-nilai konstitusi di MK,” ungkap Ketua DPP KSPSI Helmy Salim, didampingi Sekjen DPP KSPSI, H. Rudy Prayitno, SE, di Jakarta, Jumat (30/8/2019).

Menurut Helmy Salim, dalam kegiatan itu, para peserta akan diberikan pemahaman dalam sejumlah sesi, antara lain: Sesi I tentang Reaktualisasi Implementasi Nilai-nilai Pancasila; Sesi II tentang Perkembangan Dinamika Konstitusi dan Konstitusionalisme Indonesia; Sesi III tentang Sistem Penyelenggaraan Negara menurut UUD NRI Tahun 1945; Sesi IV tentang Jaminan Hak Konstitusional Warga Negara dalam UUD NRI Tahun 1945; Sesi V tentang Mahkamah Konstitusi dan Hukum Acara Pengujian Undang-Undang (PUU) terhadap UUD NRI Tahun 1945; Sesi VI tentang Teknik dan Diskusi Penyusunan Permohonan dalam Perkara Pengujian Undang-Undang terhadap UUD NRI 1945; Sesi VII dan VIII tentang Praktek Penyusunan Permohonan dalam Perkara Pengujian Undang-Undang Terhadap UUD NRI 1945; Sesi IX tentang Penanganan Perkara Pengujian Undang-Undang Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi; Sesi X tentang Persentasi Hasil Penyusunan Permohonan dalam Perkara Pengujian Undang-Undang Terhadap UUD NRI 1945 dan akan diakhiri dengan pembagian Sertifikat kepada peserta.

“Kegiatan itu akan berlangsung selama tiga hari 3-  September 2019, bertempat di Hotel Olympic Renotel Sentul, Kabupaten Bogor, dan akan dibuka langsung oleh Ketua MK Dr. Anwar Usman, SH, MH,” jelas Helmy yang juga Ketua Umum DPP FSP TSK SPSI ini.

Sementara itu, Ketua DPD KSPSI Banten, Dedi Sudarajat, SH, MH, MM, salah satu peserta yang bakal mengikuti kegiatan MK tersebut, saat dikonfirmasi oleh reaktor.co.id, mengaku akan mengirimkan 4 orang pengurus DPD KSPSI Banten yang dinilai memiliki waktu dan memenuhi syarat sebagai peserta. Salah satunya adalah Dewa Sukma Kelana, SH, M.Kn, Sekretaris DPD KSPSI Banten.

Dedi menyampaikan terima kasih kepada DPP KSPSI yang telah memberikan kesempatanjajaran DPD KSPSI Banten untuk mengikuti kegiatan tersebut. Menurut Dedi, yang juga Ketua DPD FSP KEP SPSI Banten, kegiatan itu diharapkan akan menambah wawasan.

“Kegiatan yang digelar MK ini sangat penting diikuti baik sebagai warga negara maupun sebagai pengurus serikat pekerja agar dari pendidikan ini secara praktek kita dapat membela hak-hak konstitusional khususnya anggota SPSI dan umumnya masyarakat ketika merasa dirugikan,” tandas Dedi. (AF)*

dpd kspsi banten DPP KSPSI pendidikan konstitusional reaktor

Related Post

  1. author

    […] BACA JUGA: 15 Pengurus SPSI Ikuti Pendidikan Konstitusional di MK […]

Leave a reply