10 Tips Mengisi Liburan Akhir Pekan

68 views

libur akhir pekan

Reaktor.co.id– Akhir pekan (weekend) identik dengan hari libur atau liburan. Akhir pekan ialah penanda satu atau dua hari dalam satu minggu saat kebanyakan orang tidak bekerja. Malam sebelum satu atau dua hari itu juga dihitung sebagai akhir pekan.

Akhir pekan datang setelah hari kerja. Hari Kerja adalah business day yaitu hari yang digunakan orang untuk bekerja, biasanya mulai hari Senin sampai dengan Jumat.

UU Ketenagakerjaan mengatur waktu kerja menjadi dua kategori, yatu 7 kerja dalam 1 hari atau 40 kerja dalam 1 minggu untuk 6 hari kerja dalam 1 minggu; atau 8 kerja dalam 1 hari atau 40 kerja dalam 1 minggu untuk 5 hari kerja dalam 1 minggu. Pengusaha yang mempekerjakan pekerja melebihi ketentuan waktu kerja wajib membayar upah kerja lembur.

10 Tips Mengisi Liburan Akhir Pekan

Akhir pekan sangat berharga bagi pekerja. Berikut ini 10 tips liburan akhir pekan dikutip dari Real Buzz.

1. Membuat rencana

Putuskan selama minggu ini apa yang ingin Anda lakukan di akhir pekan. Catat semuanya sehingga Anda tahu rencana akhir pekan Anda sebelumnya.

Ini tidak berarti Anda tidak bisa membiarkan sedikit spontan di sana-sini, tentu saja, tetapi pada utamanya Anda harus tahu apa yang ingin Anda dapatkan dari akhir pekan Anda. Jika Anda tidak memiliki rencana apa pun, Anda akan sering tidak melakukan apa pun!

2. Bertemu Teman

Kita hampir selalu memiliki waktu terbaik dengan teman-teman, namun terkadang kita menunda membuat panggilan telepon untuk mengatur sesuatu karena kami tidak dapat diganggu.

Namun, jika Anda berusaha, Anda tahu itu akan bermanfaat! Jika Anda kekurangan ide tentang apa yang harus dilakukan dengan akhir pekan Anda, kemungkinan sekali Anda semua berkumpul, Anda akan dapat membuat rencana.

kumpul teman

3. Dapatkan Tempat Terbuka

Memang cuaca tidak selalu di pihak kita – tetapi jika Anda siap untuk apa pun elemen mungkin melemparkan pada Anda, maka Anda tidak perlu terlalu khawatir tentang keluar ke udara segar.

Cukup keluar dan berjalan-jalan, berlari, mendaki, bersepeda – atau apa pun yang dapat Anda pikirkan! Sungguh menakjubkan bagaimana mendapatkan sedikit latihan dan udara segar akan membuat Anda bersemangat – dan jika Anda berbagi pengalaman dengan orang lain, maka itu adalah bonus tambahan.

libur wisata alam

4. Hindari Minum Alkohol

Tidak dapat disangkal bahwa sebagian besar dari kita menikmati minuman, dan godaan ketika kita mencapai Jumat malam sering memiliki terlalu banyak.

Namun, pada hari berikutnya Anda mungkin akan merasa agak pudar dan menghabiskan sebagian besar hari di tempat tidur atau merawat hangover – dan hari itu akan berlalu tanpa Anda melakukan apa pun. Karenanya, saran kami adalah untuk memudahkan saat Anda minum. Jauhi alkohol dapat membantu Anda bersantai di akhir pekan! Jangan pernah mengisi akhir pekan dengan mabuk-mabukan. Dalam Islam, minum alkohol haram.

5. Bagikan Beberapa ‘Waktu Anda’

Bergegas dan mengisi waktu Anda dengan segala macam kegiatan bisa sangat menyenangkan, tetapi juga akan melelahkan. Anda bahkan mungkin merasa pada suatu titik seolah-olah Anda telah berlebihan – dan terus-menerus dikelilingi oleh aktivitas dan orang-orang pasti dapat mengambil risiko pada Anda, baik secara mental dan fisik.

Jadi, cobalah menyisihkan waktu untuk diri sendiri, ketika Anda dapat memanjakan diri dalam sebuah buku, mendengarkan musik, atau hanya bersantai.

6. Biarkan Diri Anda Beberapa Waktu Santai

Akhir pekan adalah tentang bersenang-senang, tetapi juga bisa menjadi waktu yang tepat untuk mengejar hal-hal yang telah mengganggu Anda selama beberapa waktu.

Manfaatkan akhir pekan Anda dengan menyesuaikan beberapa kegiatan, misalnya masalah keuangan yang harus Anda selesaikan. Sebenarnya melakukan itu akan membuat Anda merasa jauh lebih baik, karena Anda akan merasa seolah-olah Anda telah mencapai sesuatu selama akhir pekan Anda.

7. Tunda Beberapa Hal

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan kapan saja – tidak hanya di akhir pekan. Jika Anda mengatur waktu Anda dalam minggu dengan cukup baik – misalnya dengan melakukan beberapa pekerjaan kecil selama waktu makan siang Anda – maka itu akan menyisakan banyak waktu di akhir pekan untuk melakukan hal-hal yang benar-benar ingin Anda lakukan.

Melakukan sedikit pekerjaan setiap hari atau malam dalam seminggu dapat mencegah Anda harus melakukannya selama akhir pekan Anda yang berharga!

8. Hindari Rutin

Hidup kita kadang-kadang masuk dalam kebiasaan, dan kita melakukan hal-hal lama yang sama minggu demi minggu, minggu-minggu keluar. Seringkali ini karena pekerjaan kami memaksa kami ke dalam rutinitas ini – tetapi pada akhir pekan, Anda akan memiliki waktu untuk menghentikannya.

Masukkan diri Anda ke dalam kerangka pikiran akhir pekan yang sama sekali baru dengan mencoba sesuatu yang berbeda, menerima undangan, dan menghindari pemikiran tentang apa yang biasanya Anda lakukan pada hari Sabtu atau Minggu.

9. Temukan Hobi Baru

Mendapatkan hobi baru dapat membantu Anda memenuhi beberapa tips lain yang disebutkan di sini. Jika Anda bergabung dengan sebuah klub, kemungkinan Anda akan menetapkan rencana paling banyak akhir pekan dan akan memiliki teman baru untuk bertemu – ditambah aktivitas Anda bisa saja di luar ruangan. Ini juga akan membantu untuk menghentikan rutinitas yang membosankan, dan akan memberi Anda sesuatu untuk dinanti-nantikan. Atau, hobi baru Anda bisa menjadi sesuatu yang Anda sukai sendiri, dan bisa menjadi ‘waktu istirahat’ yang Anda butuhkan di akhir pekan Anda.

10. Olahraga

Diakui, tidak semua orang akan dapat membawa kaki mereka di sekitar lapangan sepak bola selama 90 menit pada hari Minggu pagi, tetapi jika Anda dapat melakukan sedikit aktivitas fisik, Anda akan merasa hebat dan mendapatkan manfaat kesehatan yang baik. Atau, Anda bisa keluar rumah dan menonton olahraga langsung, daripada menontonnya di TV. Akhir pekan adalah saat yang paling menyenangkan.

Demikian tips liburan akhir pekan? Bagaimana dengan kegiatan liburan Anda?

 

Liburan Mengisi Liburan

Related Post

Leave a reply